PANDUAN & ATURAN MENGEKSPLOR PANTAI TIGA WARNA DI MALANG 2019-09-14 00:00

 

Sesuai namanya, pantai ini menampakkan 3 warna: laut dalam nan biru pada sisi terluar, laut dangkal yang hijau, dan pasir pantai yang berwarna coklat-kuning kemerahan. Nggak, nggak sampai pink mencolok sih warna pasirnya. Foto yang menampakkan warna pasirnya pink mencolok sudah pasti itu hasil editan super maksimal. Terlepas dari kontroversi soal warna pasirnya, Pantai Tiga Warna yang berada di Desa Tambakrejo Kecamatan Sumbermanjing Wetan Kabupaten Malang Jawa Timur ini layak buat didatangi saat Trippers jalan-jalan ke Malang.

 

Pantai dengan gradasi 3 warna

 

Baca juga: "8 Tempat Liburan Keluarga di Malang"

 

Pantai ini sudah dikelola dengan baik oleh Clungup Mangrove Conservation yang dikelola warga lokal. Untuk ke pantai ini kita harus melakukan reservasi via nomor HP 081233339889 atau 082132677713 pada pukul 07.00-18.00. Ya, harus reservasi karena jumlah pengunjung ke pantai ini dibatasi supaya ngga terlalu penuh dan pantai terjaga.

 

 

Kalau sudah reservasi silakan datang, lalu untuk masuk ke pantai ini selain membayar tiket per orang Rp10.000, kita juga harus menyewa pemandu dengan tarif Rp100.000 per 10 orang. Dan yang lain dari yang lain adalah, isi tas bawaan kita diperiksa dan didata. Siapa bawa botol plastik berapa, bawa tisu, kantung plastik, dll semua didata di pos pemeriksaan. Balik dari pantai kita lapor lagi, barang bawaan yang berpotensi jadi sampah itu dicek lagi apakah masih kita bawa. Jadi mereka ingin memastikan kita nggak meninggalkan sampah di kawasan pantai.

 

Dari lokasi parkir mobil, kita diberi pilihan mau jalan kaki sampai pos 1 atau naik ojek. Tarif ojeknya murah, hanya Rp5.000 kalau satu arah, dan Rp10.000 kalau bolak-balik. Nggak sampai 5 menti naik ojeknya. Dari pos 1 harus jalan kaki sedikit lagi sampai pos pemeriksaan. Lalu sambung lagi jalan kaki di jalur setapak, ada yang masih tanah, ada yang sudah dibeton. Total naik ojek plus jalan kaki dan sedikit foto-foto membutuhkan waktu 30-40 menit hingga sampai di lokasi Pantai Tiga Warna.

 

Jalur jalan setapak menuju Pantai Tiga Warna

 

Garis pantainya nggak terlalu panjang, berada di teluk dan di hadapannya terdapat Pulau Sempu. Untuk mendapatkan hasil foto yang bagus dan terlihat gradasi 3 warnanya kita harus jalan kaki hingga ke ujung kiri pantai. Di situ telah disediakan semacam teras kayu atau anjungan buat berfoto dengan latar Pantai Tiga Warna. Di bawah teras kayu ini, di sebelah kiri maupun kanan terdapat batu karang yang bisa dinaiki dan dijadikan spot foto. Aman, tapi kehati-hatian tetap diperlukan.

 

Teras/anjungan kayu untuk berpose-pose

 

Batu karang di sebelah kanan anjungan kayu

 

Batu karang di sebelah kiri anjungan kayu. Tampak Pulau Sempu di seberangnya

 

Lokasi di belakang pantainya sendiri cukup teduh dengan rindang pepohonan dan ada beberapa kursi kayu. Mau snorkeling juga bisa, ada tempat penyewaan alatnya. Hanya saja MyTrip tak mencobanya jadi nggak bisa memberikan info apakah snorkeling di sini bagus atau biasa saja. Kamar bilas tersedia dalam jumlah yang cukup di kawasan sekitar pantai. Tapi ingat, nggak ada fasilitas warung makan di pantai ini.

 

 

Kalau masih ada waktu bisa juga sekalian mampir ke Pantai Gatra dan Pantai Clungup yang penuh dengan mangrove. Masih satu lokasi, walking distance dari Pantai Tiga Warna.

 

Pantai Tiga Warna ini lokasinya searah dengan Pantai Sendang Biru dan Pantai Gua Cina. Dari Bandara Abdulrachman Saleh Malang berkendara sekitar 2,5 jam dengan menempuh jarak +/-80 km. Kalau main ke sini, sekalian juga ke Pantai Gua Cina yang berjarak nggak lebih 20 menit berkendara.

Teks: Mayawati NH Foto: Mayawati NH, Teo Liam Pheng
Comment