SERUNYA MENYUSURI JEMBATAN KAYU DI TEPI LAUTAN SELATAN 2019-08-28 00:00

Salah satu spot Instagenik di Garden Beach

 

Gunungkidul memang surganya bahari di Daerah Istimewa Yogyakarta. Nggak hanya keelokan pantai-pantainya, namun fasilitas penunjangnya pun tak kalah cakepnya. Buat yang ingin mencoba wisata seru dan menantang di Gunungkidul, nggak keliru jika kalian memutuskan buat ke tempat keren satu ini. Adalah sebuah taman berupa jembatan kayu bernama Garden Beach yang mengitari tebing pantai dan dirancang secara apik bagi pecinta fotografi. Jembatan kayu ini memiliki panjang kurang lebih 200 m dan menghubungkan dua pantai yaitu Pantai Siung dan Pantai Nglambor.

 

Tidak lengkap kalau kalian ke Pantai Siung tanpa mampir ke spot Instagenik yang sudah dibangun sejak 2017 namun baru tenar tahun 2019 ini. Penuh tantangan, berjalan pelan melalui jembatan kayu melintasi perbukitan karang tepat di sisi lautan lepas berwarna kebiruan. Sesekali muncul suara gemuruh dari bukit karang yang terhantam gulungan ombak besar. Selain itu Garden Beach bisa pula dipakai sebagai tempat nongkrong. Sudah disediakan tempat lesehan untuk bersantai dilengkapi dua buah payung besar tepat di tepi tebing.

 

 

Buat kalian yang tergoda menjajal wisata unik ini, ada 2 pilihan pintu masuknya. Pertama bisa lewat Pantai Siung dan kedua bisa lewat Pantai Nglambor. Namun buat para pemburu spot foto, ada baiknya kalian memilih pintu masuk lewat Pantai Nglambor. Sebab selain bisa dapat spot Garden Beach, kalian bisa mampir sebelumnya ke Pantai Nglambor untuk snorkeling atau sekadar mejeng di tepian Pantai Nglambor.

 

Baca juga: "Hidden Gem di Nglanggeran yang Sayang Dilewatkan"

 

Di Garden Beach sendiri terdapat beberapa spot keren, di antaranya spot tepat di bawah payung di mana kalau berdiri di situ tubuh kalian serasa mengecil di tengah luasnya lautan, atau bisa juga di jembatan sebelum kalian sampai di lokasi payung tersebut. Oh ya, kalian yang datang siang hari jangan lupa memakai sunblock ya, karena sinar matahari sangat menyengat. Kalau mau lebih adem datanglah pagi atau sore hari, cuacanya tidak terlalu panas namun besar kemungkinan akan minim pencahayaan saat mengambil foto dan langit pun tak sebiru saat siang hari.

 

 

Garden Beach terletak di antara dua pantai yakni Pantai Siung dan Pantai Nglambor. Secara administratif masuk di Desa Purwodadi Kecamatan Tepus Kabupaten Gunungkidul. Tempat ini bisa diakses melalui Bandara Adisucipto Yogyakarta. Lalu dari bandara berkendara menempuh jarak 70 km selama 2 jam.

 

Tiket masuk baik lewat Pantai Siung maupun Pantai Nglambor adalah Rp10.000 per orang, sementara untuk ke Garden Beach perlu menambah biaya tiket Rp15.000 per orang. Fasilitas umumnya adalah kamar mandi dan warung makan. Cukup 1 jam untuk menikmati Garden Beach, dijamin kalian sudah puas.

Teks: Arief Nurdiyansah Foto: Arief Nurdiyansah, Clara Soca Atisomya
Comment