MAU SNORKELING BERSAMA HIU? DATANG SAJA KE TUMBAK!

MAU SNORKELING BERSAMA HIU? DATANG SAJA KE TUMBAK!

Friday, 12-07-2019 | 20:30

Kawanan hiu di Pulau Ponteng

 

Lokasi snorkeling yang bagus di Indonesia banyak banget! Tapi mungkin sampai saat ini yang paling populer masih Bunaken di Manado Sulawesi Utara. Kalau sudah sering ke sana, mungkin Trippers butuh variasi ke tempat lain. Mau yang di Sulawesi Utara juga? Kalau begitu ayo ke Tumbak di Minahasa Tenggara. Di sini bahkan kita bisa melihat kawanan hiu hanya dengan mencelupkan wajah dari permukaan air laut. Ya, cukup dengan snorkeling, nggak harus menyelam.

 

DI MANA PERSISNYA LETAK TUMBAK DAN APA ISTIMEWANYA?

Tumbak adalah desa nelayan di  Kecamatan Pusomaen Kabupaten Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara. Belum banyak wisatawan yang tahu pesona bawah laut Tumbak. Denger namanya aja belum pernah ya?

 

Bawah laut Tumbak selain menyajikan aneka terumbu karang yang menjadi ciri khas perairan Sulawesi, juga nudibranch, angel fish, scorpion fish, lion fish, anemone fish, udang mantis, sea fan, frog fish, kima dan sebagainya. Dan jika waktunya tepat, pada saat air surut kita akan bertemu dan berenang bersama ikan hiu hanya di kedalaman satu meter saja. Wohoo...

 

Keindahan terumbu karang di Tumbak

 

CARA KE TUMBAK

Dari Jakarta terbang dulu ke Manado. Durasi 3,5 jam. Lalu dari Bandara Sam Ratulangi Manado ke Desa Tumbak sekitar 95 km, ditempuh dengan perjalanan darat 2,5-3 jam. Rutenya: Bandara Sam Ratulangi - Ring Road -Tomohon - Kawangkoan - Langowan - Simpang Ratahan - Tumbak.

 

TEMPAT MAKAN & OLEH-OLEH DI PERJALANAN MENUJU TUMBAK

Ada beberapa tempat makan yang bisa menjadi pilihan di Kawangkoan, salah satu kota yang dilewati saat ke Tumbak, di antaranya:

- Rumah Makan Ragey yang menyediakan menu khas Minahasa yang mayoritas nonhalal. Babi tore menu andalannya. Selain itu ada juga tinorangsak, ikan cakalang kari, babi rica, ikan tude oci bakar, tumis sayur bunga pepaya, acar kuning dan lainnya. Alamat: Jl. Talikuran. Buka: 09.00-23.00.

Aneka menu khas Rumah Makan Ragey

 

- RM DaPur Ijo. Tidak menyajikan menu daging babi, menu andalannya bebek goreng. Selain itu ada ikan woku dan ayam. Alamat: Jl. Raya Talikuran Induk, Kinali. Buka: 10.00-22.00.

- Warung makan Muslim yang bersebelahan dengan Madrasah Kawangkoan.

 

Mumpung melintasi Kawangkoan, jangan lupa mampir ke toko oleh-oleh yang berada di tepi jalan lintas Tomohon - Langowan. Ada berbagai penganan khas Kawangkoan seperti bagea, dodol, manisan, kacang gula aren dan lainnya. Kawangkoan sangat terkenal dengan produksi olahan kacang kulit sangrainya.

 

DESA TUMBAK

Sekitar satu jam dari Kawangkoan, tibalah kita di Desa Tumbak yang berada di pantai timur Semenanjung Minahasa. Jadi Desa Tumbak ini masih berada di daratan Pulau Sulawesi. Sedangkan yang disebut Pulau Tumbak berada di seberang laut Desa Tumbak, berhadapan dengan Laut Maluku, hanya sekitar 10 menit perjalanan laut dengan speedboat. Nama resmi dari pulau yang disebut Pulau Tumbak ini sebenarnya Pulau Bentenan, namun penyebutannya sering kali berbeda-beda. 

 

Desa Tumbak

 

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Desa Tumbak yaitu menyusuri hutan bakau dengan perahu kecil.

 

Hutan bakau di Tumbak

 

Desa Tumbak menjadi basecamp untuk island hopping dengan speedboat ke beberapa pulau yang dituliskan di bawah ini. Beberapa homestay juga ada di desa ini. Tapi disarankan kalau menginap lebih baik di Pulau Bohanga.

 

PULAU BENTENAN

Sering disebut  Pulau Tumbak, sehingga kadang membingungkan wisatawan. Pulau Bentenan ini berpenduduk dan kebanyakan bermata pencaharian sebagai nelayan, juga berkebun. 

 

Trekking ke atas bukit Pulau Bentenan sangat menarik. Kita akan disuguhi view dari puncak bukitnya yang indah sejauh mata memandang. Apalagi saat trekking melintasi rerumputan yang sangat eksotis di kala senja. 

 

Perairan dangkal Pulau Bentenan, tepatnya di Pantai Pasir Panjang, juga menjadi spot berenang bersama ikan hiu saat air surut.

 

Uniknya yang namanya Desa Bentenan bukan berada di Pulau Bentenan ini, tetapi di seberang pulau yang merupakan bagian daratan Pulau Sulawesi, sama halnya dengan Desa Tumbak. Desa Bentenan memiliki pantai pasir putih, bisa diakses melalui area Bentenan Beach Resort.

 

Baca juga: "Apa Spot Snorkeling Paling Cantik di Raja Ampat? Pulau Friwen Jawabnya!"

 

PULAU BOHANGA

Pulau kecil yang lokasinya dekat dengan Pulau Bentenan ini terbentuk dari formasi hutan bakau. Merupakan salah satu lokasi favorit untuk menikmati indahnya matahari terbenam.

 

Pulau Bohanga

 

Di pulau ini terdapat penginapan berupa rumah panggung seperti rumah Bajo. Penginapannya sekilas terlihat biasa namun memiliki halaman taman laut yang luar biasa indah. Tumbak Island Cottage namanya. Hanya ada beberapa kamar saja yang tersedia. Jadi jika ingin menginap di cottage ini pesanlah jauh hari sebelumnya. Contact person: Yoan (081241473557).

 

Kegiatan pagi hari setelah sarapan bisa dimulai dengan snorkeling di halaman laut Tumbak Island Cottage. Karang-karang yang indah akan memanjakan mata. Di Tumbak Island Cottage tersedia sewa alat snorkeling (fins, snorkel dan masker).

 

Taman laut di Tumbak Island Cottage

 

PULAU BALING-BALING 

Sama halnya dengan Pulau Bohanga, perairan Pulau Baling-Baling juga memiliki hard dan soft coral yang indah. Jenis akropora, diploria dan euphylia banyak ditemui.

 

Pulau Baling-Baling

 

Di pulau ini terdapat pantai yang terbentuk dari pecahan batu kerikil putih dan tidak terlalu luas. Dari pantai ini kita bisa trekking naik ke puncak Pulau Baling-Baling yang tak kalah indahnya. Rerumputan yang tumbuh berkelompok membentuk seperti tajuk bulat-bulat semakin mempercantik pemandangan. Pastikan untuk selalu berhati-hati saat naik dan turun dari bukitnya, karena cukup curam, kemiringannya sekitar 60 derajat.

 

Puncak Pulau Baling-Baling

 

PULAU PONTENG 

Di perairan pulau ini kondisi karangnya terlihat tidak terlalu sehat dan tidak beraneka warna. Beberapa area karang sepertinya terkena empasan ombak yang kuat. Namun istimewanya, saat air surut, dengan bersnorkeling di kedalaman satu meter saja akan bertemu sekawanan ikan hiu. Jam surut air laut ini berubah-ubah, tergantung bulan. Kebanyakan jenis hiu yang terlihat adalah jenis blacktip reef shark, kadang ada pula whitetip sharks.

 

Snorkeling dengan hiu di Pulau Ponteng

 

Selain di Pulau Ponteng, kawanan hiu juga bisa ditemukan di perairan dangkal Pantai Pasir Panjang Pulau Bentenan. Perlu perhatian serius dari pemerintah, asosiasi  nelayan, masyarakat sekitar, juga pengunjung, untuk menjaga kelestarian ikan hiu ini.

 

CARA MENGEKSPLOR TUMBAK DAN SEKITARNYA

Jika hanya ingin menjelajahi pulau-pulau tanpa menginap di Tumbak, sebaiknya ambil penerbangan pertama dari Jakarta, tiba di Manado sekitar jam 6 pagi, lalu langsung menuju Desa Tumbak. Dari situ sewa speedboat untuk island hopping. Contact person sewa speedboat: Pak Kantan (081244601600). Sebaiknya telepon dulu, jangan go show. Urutan yang direkomendasikan adalah Pulau Bohanga, Pulau Baling-Baling dan Pulau Ponteng. Lalu kembali ke Desa Tumbak, lanjut kembali ke Manado dengan mobil sewaan.

 

Peta Tumbak

 

Tapi kalau mau menginap, bisa ikuti rute seperti ini: Dari bandara di Manado ke Desa Tumbak, eksplor hutan bakau dulu di Desa Tumbak. Lanjut naik speedboat ke Pulau Bentenan, trekking dan snorkeling di sini. Kemudian ke Pulau Bohanga, menginap di Tumbak Island Cottage. Esok paginya snorkeling di Pulau Bohanga, lalu check out, dan melanjutkan naik speedboat ke Pulau Bentenan untuk menuju Pulau Baling Baling. Puas di Baling-Baling, lanjut ke Pulau Ponteng. Selesai semua, baru kembali ke Desa Tumbak. Jika kita menginapnya di Tumbak Island Cottage, mereka menyediakan rumah singgah untuk para tamunya bersih-bersih dan berkemas sebelum melanjutkan perjalanan. Waktu tempuh naik speedboat ke pulau-pulau tersebut hanya hitungan menit.

 

BAGI PECINTA KOPI

Bagi pecinta kopi sejati, jika melintasi Tomohon jangan lupa mampir ngopi di Elmonts Coffee and Roastery yang memiliki kopi andalan Minahasa. Sekarang Elmonts C&R telah berpindah lokasi ke Jln.Sreko Kelurahan Kolongan Linkungan VII (Depan Kantor Departemen Agama), Kota Tomohon.

 

Jika kembali melintasi Kawangkoan sempatkan mampir minum kopi ataupun teh di rumah kopi.Di antaranya:

- Rumah Kopi Gembira. Ini rumah kopi yang legendaris karena usianya. Untuk menemani kopi dan teh biasanya disajikan bakpao atau disebut biapong. Ada biapong isi babi, ada juga isi kacang hijau/temo, kacang tanah, ayam. Tersedia juga mie cakalang dan lainnya. Jam buka 05.30-21.00.

Kopi dan biapong

 

- Rumah Kopi Toronata. Menunya kurang lebih sama dengan yang tersedia di Rumah Kopi Gembira. Tersedia juga mie kuah/goreng cakalang, juga mie loba.

Lokasi kedua rumah kopi ini berdekatan, berada di Jl. Raya Kawangkoan.

 

Teks: Lolo Asinamura Foto: Lolo Asinamura, Yoan Parizot (Tumbak Island Cottages)

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


586

Back to Top