SERUNYA MENYUSURI HIDDEN BAY RAJA AMPAT YANG SUPER BENING

SERUNYA MENYUSURI HIDDEN BAY RAJA AMPAT YANG SUPER BENING

Thursday, 27-06-2019 | 21:06

Hidden Bay, airnya super bening

 

Sesuai namanya, Hidden Bay, teluk yang satu ini memang tersembunyi. Mulut teluknya yang sempit dan memanjang nggak kelihatan. Teluk ini berada di ujung barat Pulau Gam, pulau yang dipisahkan dari Pulau Waigeo oleh selat sempit bernama The Passage. Hidden Bay menjadi salah satu spot unggulan di Raja Ampat, Papua Barat.

 

Baca juga: "30 Spot di Raja Ampat dan yang Wajib Dilakukan di Sana (Bagian 1)"

 

Biasanya rombongan trip singgah ke Hidden Bay selepas dari menyusuri Teluk Kabui. Dari Teluk Kabui speedboat terus dilajukan ke arah barat, melewati The Passage. Sekitar 35-45 menit barulah speedboat mendekati mulut Hidden Bay. Sepintas terlihat tidak ada jalur terbuka untuk speedboat masuk. Tapi makin mendekat barulah terlihat ada celah, membelok ke kiri, menghindari hadangan pulau karst di depannya.

 

Mulut Hidden Bay, nggak kelihatan jalur masuknya

 

Dan taraaa... Terlihatlah teluk memanjang berair hijau toska bening yang sangat tenang. Di kiri kanannya terdapat hutan bakau. Di beberapa tempat air tampak sangat dangkal, dan beniiiiing.... sehingga terumbu karang di bawahnya sangat jelas terlihat. Di bagian lain air tampak lebih dalam tapi tetap berwarna hijau, menandakan tidak terlalu dalam. Itulah sebabnya untuk masuk ke sini harus saat air pasang. Kalau saat air surut memaksa masuk, speedboat sekecil apa pun akan terantuk terumbu karang atau pasir. Saat sudah masuk ke teluk, motorist speedboat juga harus selalu melihat kondisi. Kalau ada tanda-tanda air bakal surut, harus cepat-cepat keluar, supaya jangan terjebak di dalam teluk tak bisa keluar.

 

Bening dan dangkal, terumbu karangnya terlihat

 

Bagian yang lebih dalam, airnya tetap hijau

 

Tak lama setelah memasuki area teluk, tampak dua pulau karst tersembul dari air, tak seberapa tinggi. Di sinilah biasanya rombongan trip berfoto sendiri-sendiri di ujung boat dengan latar dua pulau karst itu.

 

Foto dulu di sini

 

Motorist akan melajukan boat perlahan-lahan, memberi kesempatan kita menikmati pemandangan dan angin laut yang membelai-belai. Sekitar 15 menit melaju, sampailah pada sebuah pulau di tengah teluk yang bentuknya seperti kubah. Pulau karst ini dirimbuni pepohonan, dan oo... di pulau ini ternyata ada gua kecil. Tapi melihat ukurannya, nggak mungkin boat masuk. Kalau turun snorkeling di sekitar sini, dimungkinkan untuk masuk ke celah gua sambil berenang.

 

Pulau berbentuk seperti kubah

 

Ada guanya

 

Biasanya sampai sini boat memutar, kembali ke jalur keluar. Kalau air belum surut dan hendak snorkeling, kita bisa memilih spot di mana saja yang banyak terumbu karangnya. Kondisi airnya yang bening memang napsuin banget!

 

Airnya napsuin banget!

 

Mau ikut trip ke Raja Ampat, paket lengkap dan harga terjangkau? Hubungi MyTrip di 0811821006.

Teks & Foto: Mayawati NH

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


522

Back to Top