APA SAJA YANG BISA DILAKUKAN DI HIROSHIMA? 2019-08-02 00:00

Cenotaph for the A-Bomb Victims

 

Memasuki bulan Agustus ini Anda ingin berkunjung ke Hiroshima untuk mengenang peristiwa kelam dijatuhkannya bom atom oleh Amerika Serikat ke kota ini pada 6 Agustus 1945? Apa saja yang bisa dilakukan di kota yang sekarang tumbuh menjadi kota cantik ini? Mari berkelana ke Hiroshima melalui artikel ini.

 

Untuk panduan cara ke Hiroshima silakan baca di sini.

 

OBJEK-OBJEK WISATANYA

PEACE MEMORIAL PARK

Tujuan utama memilih Hiroshima bagi sebagian besar turis adalah mengunjungi Peace Memorial Park di mana terdapat museum dan monumen peringatan jatuhnya bom atom di Hiroshima pada PD II. Taman seluas 120.000 m2 ini dulunya pusat politik dan komersial.

What to do:

- Mengunjungi Atomic Bomb Dome (Genbaku Dome-mae), salah satu bangunan yang masih tersisa dan dipertahankan, kini termasuk dalam Situs Warisan Dunia UNESCO.

Atomic Bomb Dome

 

- Nggak lengkap kalau melewatkan Peace Memorial Museum yang berisi sejarah Hiroshima sebelum, ketika, dan sesudah jatuhnya bom atom. Dilengkapi barang-barang dan foto-foto korban bom. Mengunjunginya akan membuat kita sadar betapa mengerikannya perang dan efek sesudahnya.

- Langkahkan kaki ke Cenotaph for the A-Bomb Victims, monumen batu yang berisi nama-nama korban bom. Tertulis dalam bahasa Jepang “Biarkan semua jiwa di sini beristirahat dalam damai.” Perhatikan, lengkungan monumen batu ini membingkai Atomic Bomb Dome di kejauhan, sangat unik dan menyentuh. Must see!

Cenotaph for the A-Bomb Victims

 

- Susuri jalan hingga ke Flame of Peace (api perdamaian). Tertulis bahwa api akan tetap menyala sampai senjata nuklir terakhir musnah dari muka bumi. Totally agree!

- Tak lupa kunjungi Children’s Peace Monument, tugu peringatan untuk anak bernama Sadako Sasaki yang menjadi korban bom. Terdapat deretan lemari kaca yang berisi ribuan burung kertas (origami) yang dibuat oleh pelajar di seluruh Jepang untuk mengenang Sadako Sasaki.

- Akhiri dengan duduk di bangku taman di pinggir sungai, resapi keindahan kota dengan pemandangan sisa masa lalu yang kelam di depan mata. Susah diungkapkan dengan kata-kata. Cobain deh!

Bersantai di bangku taman di Peace Memorial Park

 

Info turis:

- Dari Hiroshima Station naik Hiroden Line #2 atau #6, turun di Genbaku Dome-mae Station (15 menit).

- Semua area dalam Peace Memorial Park gratis, kecuali Peace Memorial Museum. Tiket masuknya 200 yen (dewasa), 100 yen (pelajar)

- Buka setiap hari pkl.08.30–18.00, last entry pkl. 17.30.

 

HIROSHIMA CASTLE

Yang ada sekarang merupakan rekonstruksi dari bangunan asli yang ikut hancur terkena bom. Terletak di pusat kota. Dengan latar bukit dan gunung serta dikelilingi kanal dengan kura-kura berenang membuat istana ini terlihat cantik, terutama saat matahari terbenam. Sinar kuning kemerahan yang membias di dinding istana akan menggiring lamunan kita ke masa lampau.

 

Hiroshima Castle

 

What to do:

- Berjalan kaki atau bersepeda menyusuri kompleks istana, berhenti untuk berfoto narsis di setiap titik yang khas Jepang banget merupakan pilihan tepat di sore hari.

- Jangan lupa mampir ke shrine yang teletak dalam kompleks. Shrine-nya cantik dengan warna emas berkilau.

- Lanjutkan masuk ke Hiroshima Castle untuk mengetahui sejarah istana dan Kota Hiroshima sebelum bom atom. Bisa mencoba baju samurai khas Jepang juga lho!

- Akhiri dengan pemandangan dari lantai teratas istana ini. Serasa putri Jepang dalam dongeng...

 

Info turis:

- Dari Hiroshima Station naik Hiroden Line #1, #2 atau #6, turun di Kamiyacho-nishi atau Kamiyacho-higashi (12 menit) dan dilanjutkan dengan jalan kaki 10 menit.

- Penyewaan sepeda elektrik tersedia di pintu masuk kompleks, bisa per jam.

- Tiket masuk kompleks istana gratis.

- Tiket masuk Hiroshima Castle 370 yen (dewasa >12 tahun), 190 yen (6-11 tahun)

- Buka setiap hari pkl.09.00–18.00, last entry pkl.17.30. Tutup 29-31 Desember.

 

Baca juga: "Mencapai Puncak Bersalju Tateyama Tanpa Perlu Mendaki"

 

HIROSHIMA PREFECTURAL MUSEUM OF ART

Museum seni dengan koleksi modern-art Eropa, termasuk karya seniman Dali dan beberapa seniman modern Jepang. Jika beruntung akan bertepatan dengan special exhibition yang unik --salah satu yang pernah digelar adalah The Legend of Ultraman.

What to do:

Rasakan sisi modern dan keterbukaan Jepang zaman sekarang, sekaligus melihat betapa seriusnya orang Jepang dalam mengerjakan sesuatu, bahkan hal yang terkadang kita anggap kecil dan remeh. Salute!

 

Info turis:

- Dari Hiroshima Station naik Hiroden Line #1, #2 atau #6, turun di Ebisucho Station (8 menit) dan jalan kaki 10 menit.

- Tiket masuk 510 yen (dewasa), 310 yen (mahasiswa), anak-anak gratis.

- Buka Selasa-Minggu (Senin tutup) pkl.09.00–17.00.

Teks: Erl Foto: Shutterstock
Comment