5 PANTAI DI TRENGGALEK. DARI LUNA MAYA SAMPAI KONSERVASI PENYU 2020-01-11 00:00

Pantai Rajaan Mbulu

 

Di Jawa Timur begitu banyak pilihan wisata pantai yang tersebar di beberapa kabupaten. Salah satunya di Trenggalek. Kabupaten berjuluk Southern Paradise ini layak menjadi pilihan tujuan liburan, mengingat pantai terbaik di Jawa Timur sekaligus antimainstream ada di sini. Berikut ulasan 5 pantai di Trenggalek.

 

1. PANTAI CENGKRONG

Inilah pantai yang menjadi spot sunrise terbaik di Trenggalek. Setiap hari pukul 05.37 mentari pagi akan menyembul perlahan tepat di antara perbukitan berhiaskan beberapa perahu nelayan yang tengah bersandar.

 

Terdapat 2 lokasi berburu sunrise. Lokasi pertama melalui jembatan jalur lintas selatan tepatnya sekitar 50 m dari Pantai Cengkrong. Lokasi kedua ada di Pantai Cengkrong sendiri. Kebanyakan orang lebih memilih lokasi pertama.

 

 

Pantai Cengkrong berada tidak jauh dari Pantai Prigi yakni hanya sekitar 4 km. Rata-rata pengunjung memilih bermalam di kawasan Pantai Prigi yang banyak terdapat penginapan. Berangkatlah sekitar pukul 05.15 dari penginapan supaya nggak ketinggalan sunrise-nya.

 

Lokasi: Desa Karanggandu Kecamatan Watulimo Kabupaten Trenggalek

Tiket: Rp8.000

Fasilitas: Warung makan, kamar mandi.

 

2. PANTAI PASIR PUTIH

Di pantai ini Trippers bisa melakukan aktivitas island hopping menggunakan perahu motor berkapasitas 15-20 orang ke beberapa lokasi dengan biaya sewa Rp350.000-650.000. Tujuannya antara lain:

- Rumah Apung yang merupakan lokasi snorkeling untuk melihat beberapa jenis ikan hias, ikan kerapu dan juga terumbu karang.

- Jembatan Luna Maya yang merupakan jembatan kayu yang terbentang dari bibir pantai hingga ke tengah lautan. Diberi nama Luna Maya karena aktris papan atas Indonesia ini pernah syuting film di jembatan ini.

Jembatan Luna Maya

 

- Pulau Watu Bentis, Pulau Rembeng, Pulau Mutiara, Pulau Karang Bintang dan Gua Merah. Pulau-pulau ini hanya bisa dijadikan latar belakang saat berfoto karena kapal motor tidak bisa bersandar.

Pulau Watu Bentis

 

- Pantai Asmara, Pantai Karanggongso dan Pantai Kecil. Pantai Asmara berpasir kuning kecoklatan, Pantai Karanggongso menyediakan banyak vila, Pantai Kecil aman untuk berenang.

 

Lokasi: Desa Tasikmadu Kecamatan Watulimo Kabupaten Trenggalek

Tiket: Rp10.000

Fasilitas: Warung makan, toilet, penginapan, mushola.

 

3. PANTAI RAJAAN

Memiliki 3 bagian di mana masing-masing memiliki keunikan tersendiri. Pantai Rajaan Kulon (Barat) tidak memiliki garis pantai. Pemandangan hanya bisa dinikmati dari atas tepatnya di area persawahan. Menarik melihat perpaduan birunya laut selatan dengan hijaunya persawahan dan pepohonan kelapa.

 

Pantai Rajaan Kulon

 

Pantai Rajaan Wetan (Timur) juga tidak memiliki garis pantai dan hanya bisa dinikmati dari atas. Uniknya, pada sebuah tebing terdapat air terjun mini yang mengalir dari sungai turun menuju laut lepas dan cekungan kecil yang membentuk kolam alami di atas pantai.

 

Pantai Rajaan Wetan

 

Pantai Rajaan Mbulu adalah pantai yang menjadi primadona Pantai Rajaan. Terdapat laguna berair bening biru kehijauan yang aman untuk berenang saat air laut surut. Laguna bisa dinikmati mulai pagi hingga siang hari sekitar pukul 12.00.

 

Pantai Rajaan Mbulu

 

Lokasi: Desa Ngulungkulon Kecamatan Munjungan Kabupaten Trenggalek

Tiket: Gratis

Fasilitas: Belum ada

 

4. PANTAI PELANG

Merupakan pantai favorit di Trenggalek. Panorama Pantai Pelang sangat indah, dengan hamparan luas pasir halus kuning kecoklatan di sepanjang bibir pantai yang terbentang sejauh kurang lebih 2 km. Keindahan bertambah dengan berdirinya 3 karang besar yang saling berdekatan.

 

 

Pengunjung dilarang berenang di area mana pun. Sebab ombak Pantai Pelang datangnya tidak bisa diprediksi, sangat berbahaya. Untuk menikmati keelokan Pantai Pelang terdapat 2 lokasi yang bisa dipilih.

 

Lokasi pertama berada di dekat bebatuan karang. Tampak jelas kemegahan batu karang diiringi empasan ombak yang sesekali menerpa hingga ke rongga karang. Lokasi kedua yakni gardu pandang di sebuah bukit. Karang akan terlihat kecil di antara luas dan birunya Laut Selatan. Gardu Pandang ini terbuka bagi semua pengunjung dan gratis.

 

Lokasi: Desa Wonocoyo Kecamatan Panggul Kabupaten Trenggalek

Tiket: Rp8.000

Fasilitas: Warung makan, kamar mandi, gazebo, mushola.

 

5. PANTAI KILI KILI

Merupakan kawasan konservasi penyu jenis penyu lekang (Lepidochelys olivacea), penyu sisik (Eretmochelys imbricata) dan penyu belimbing (Dermochelys coriacea). Konservasi penyu dikelola oleh Kelompok Masyarakat Pengawas (Pokmaswas) Pantai Taman Kili Kili. Setiap pengunjung bisa berdonasi secara sukarela, sementara yang ingin melepasliarkan tukik dikenakan biaya bervariasi.

 

 

Lokasi: Desa Wonocoyo Kecamatan Panggul Kabupaten Trenggalek

Tiket: Gratis

Fasilitas: Warung makan, toilet

 

Teks: Arief Nurdiyansah Foto: Arief Nurdiyansah & Clara Soca Atisomya
Comment