8 ALASAN KE TURKI

8 ALASAN KE TURKI

Friday, 08-04-2016 | 23:27

Turki salah satu must-visit country bagi para pejalan sejati. Ya, Turki memang mempunyai segudang daya tarik. Coba simak 8 hal luar biasa yang menjadi alasan utama orang datang ke negeri yang berada di dua benua ini.

 

  1. Balon Udara (Hot Balloon Air) Cappadocia

Naik balon udara di Cappadocia ini HARUS dicoba karena pengalaman yang didapat luar biasa! Harganya EUR 200-250/orang. Pilih kursi di pinggir agar bisa mengambil foto lebih leluasa. Pemandangan saat matahari terbit dan langit yang dihiasi ratusan balon udara warna-warni dengan latar belakang landscape Cappadocia ini sungguh menakjubkan.

 

  1. Pemukiman Bawah Tanah (Underground City)

Inilah yang paling banyak menarik minat para wisatawan karena unik. Ada beberapa wilayah yang dapat dikunjungi yaitu Kaymakli, Derinkuyu, Gaziemir, Ozkonak dan juga Mazikoy. Untuk berjalan di terowongan kita harus menunduk, namun bangunan bawah tanah ini malah ada yang bertingkat 8 secara vertikal. Takjub deh!

 

  1. Pamukkale

Letaknya +/-7 jam ke arah barat dari Cappadocia. Di Pamukkale kita bisa melihat kolam yang dahulu pernah dipakai Cleopatra. Banyak turis yang berendam di sini dengan harapan akan awet muda. Ada 2 kolam, yang pertama kolam Travertine, kombinasi kolam dengan kafe outdoor; yang kedua kolam Cleopatra. Kalo cuma melihat-lihat gratis kok. Tapi kalo mau berendam bayar 30 lira (+/-Rp.150.000).

  1. Bosphorus Bridge

Selat Bosphorus inilah yang memisahkan benua Eropa dan Asia, namun selat ini tak mampu memisahkan Turki. Jadi jika Anda melewati jembatan sepanjang 5 km yang dikenal dengan Jembatan Bosphorus ini maka di kanan adalah benua Asia dan di kiri benua Eropa. Keren ‘kan?

 

  1. Kebab Turki, Turkish Delight, Dondurma, Baklava, Kunefe, Kokorec, Dolma, Simit

Kebab

Beragam makanan khas Turki seakan memanggil-manggil kita untuk segera ke sana.

  • Kebab Turki. Potongan daging sapi yang dipadu dengan daun selada, potongan tomat, timun dengan mayonais, dibungkus dengan tortilla yang terasa banget bawang putih dan jahenya.
  • Turkish Delight. Permen halus, kenyal dan beraroma mawar ini kental sekali rasa Timur Tengah-nya. Turkish Delight yang manis dengan taburan bubuk putih memang sangat menggiurkan terutama saat musim panas.
  • Es krim khas Timur Tengah ini terbuat dari campuran susu, gula, salep, mastic. Bukan salep obat oles lho! Salep ini dibuat dari bunga anggrek di pegunungan dan mastic adalah getah dari pepohonan khas di TimTeng. Dua bahan inilah yang membuat unik Dondurma. Kenyal, elastis dan nggak cepat habis kayak es krim biasa.
  • Seperti potongan martabak, ada lapisan phyllo pastry yang diisi kacang cincang dan diberi sirup atau madu. Di tengahnya ada potongan kacang almond, kenari dan berbau kayu manis juga cengkeh. Haruuuum banget
  • Makanan ringan yang terbuat dari beberapa adonan pastry ditumpuk dan diberi keju di setiap selanya. Siraman madu dan kacang pistachio juga menambah nikmat.
  • Makanan yang berbahan dasar usus kambing atau domba, digulung menjadi seperti sosis atau rolade raksasa. Sosis usus itu dicacah jadi potongan kecil, dimasukkan ke dalam roti beserta potongan paprika, tomat, cabai hijau dan diakhiri dengan taburan garam, merica serta oregano.
  • Sang primadona kuliner Timur Tengah ini menyerupai kue pisang, namun aslinya berisi potongan daging domba atau kambing plus nasi beserta bumbu-bumbu lainnya. Yang membuat istimewa adalah semua itu dibungkus daun anggur dan saat dimakan tidak dibuka, tapi langsung hap…..nyam... nyam….yummy!
  • Roti bulat bertaburkan biji wijen yang merupakan sajian khas di acara-acara penting Timur Tengah. Konon zaman dulu hanya boleh dimakan oleh raja beserta keluarganya saja.

 

  1. Grand Bazaar Istanbul

Barang-barang yang dijual di Grand Bazaar

Grand Bazaar Istanbul ini merupakan lokasi yang tepat untuk berburu suvenir, perhiasan, koper, jam tangan, furnitur, barang antik, pokoknya lengkap deh. Tiap harinya 250.000 orang berkunjung ke bazaar ini dan semua harga dapat ditawar.

 

  1. Blue Mosque

Di Turki sendiri tempat yang menjadi magnet utama pariwisata Turki ini disebut Sultanahmet Camii. Masjid di Istanbul yang menggunakan marmer berwarna biru di sekeliling interiornya ini terlihat sangat elegan. Didirikan tahun 1609-1616 hingga kini masih berdiri gagah dan dipergunakan oleh umat Muslim. Jadi setiap hari saat waktunya salat 5 waktu Blue Mosque ditutup. Masuk ke sini harus antre. Jangan tergiur ajakan orang setempat yang menawarkan potong jalan karena biasanya mereka membawa Anda ke tempat lain. Lagipula antreannya cepat kok.

 

  1. Hagia Sophia

Hagia Sophia atau Aya Sofiya berdiri sejak ribuan tahun lalu. Fungsi awalnya adalah gereja, lalu berganti menjadi masjid yang kemudian dialihfungsikan menjadi museum. Berhiaskan emas dan bertabur permata, menampilkan banyak sekali lukisan mozaik –indah! Lokasinya strategis di kawasan Archelogical Park, Istanbul. Dekat dengan Blue Mosque, Basilica Cistern dan Topkapi Palace.

Teks: Fransiskus Ipang K Foto: Dok. MyTrip, Christina Ermin

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


671

Back to Top