20 PESTA TAHUN BARU TERHITS DI KOTA-KOTA BESAR DUNIA (Bagian 2-Tamat) 2016-12-31 00:00

 

Ya, tahun baru memang identik dengan pesta semalam suntuk dan penuh dengan berbagai kemeriahan. Salah satu ritual wajibnya adalah peluncuran kembang api tepat saat detik pergantian tahun. Hampir semua kota besar dunia menyelenggarakan pesta kembang api dan yang dimeriahkan pula oleh atraksi lainnya. Berikut ini beberapa pesta tahun baru paling hits di beberapa kota besar dunia. Mungkin Anda sedang berada di salah satu kota ini dan bersiap berpesta? Happy New Year 2017, Tripppers!

 

11. BRUSSELS DAN PARA DJ ANDALAN

 

Keriaan terjadi di banyak tempat di setiap sudut kota. Para DJ andalan masing-masing bar atau klub akan makin memeriahkan acara tahun baru yang digelar. Musiknya beragam dan memenuhi selera banyak orang, dari rock and roll, hip-hop, house, tekno.

 

12. ROMANTISME TAHUN BARU DI ROMA

 

Kalau yang lain lebih mengedepankan ingar-bingar pesta, Roma, dengan pusat di Imperial Forum lebih menawarkan romantisme malam tahun baru di tempat yang penuh nilai sejarah.

 

13. SEPANJANG SUNGAI VLTAVA DI PRAHA

 

Sebagai kota yang menyandang gelar sebagai salah satu kota tercantik di dunia, Praha nggak mau kalah menyambut datangnya tahun baru dengan pertunjukan kembang api secara tradisional. Kembang api diluncurkan dari Letna Gardens dan dapat dilihat dari jembatan-jembatan maupun dermaga-dermaga di sepanjang Sungai Vltava.

 

14. PANTULAN KEMBANG API DI SUNGAI TAGUS LISBON

 

Tiap malam pergantian tahun ribuan orang memadati jalan-jalan utama dan taman-taman umum untuk merayakan tahun baru bersama-sama orang terdekat. Terreiro do Paco menjadi party hall raksasa yang menampilkan banyak hiburan musik khas Portugis. Langit Lisbon juga akan dipenuhi percikan kembang api dengan pantulan cantiknya di permukaan Sungai Tagus.

 

15. API UNGGUN DI REYKJAVIK

 

Penduduk ibu kota Iceland yang berada di ujung utara dunia ini menyambut tahun baru dengan berkeliling di api unggun, main musik, menyanyi dan menari. Kembang api juga menghiasi langit dari beberapa sudut kota, dan banyak orang berkumpul di lokasi-lokasi landmark seperti Perlan dan Gereja Landakotskirkja untuk menyaksikan kembang api itu. Sesudahnya mereka ke bar dan klub untuk lanjut berpesta.

 

16. CAPE TOWN BERPESTA 3 HARI

 

Nggak tanggung-tanggung, kota di Afrika Selatan ini merayakan tahun baru 3 hari berturut. Saat malam pergantian tahun, di Victoria & Albert Waterfront digelar konser dan pertunjukan kembang api. Dan banyak yang berpiknik di Table Mountain untuk menonton pesta kembang api ini. Juga digelar karnaval dan musik hidup. Tepat di hari pertama tahun baru dan esok harinya ribuan orang datang ke pantai-pantai. Pun ada parade lagi di jalan-jalan pusat kota dengan ribuan penari dan penyanyi.

 

17. PESTA PALING MODERN DAN MEGAH DI DUBAI

 

Nggak tahun baru aja Dubai full hiburan dan segala sesuatu yang spektakuler. Kebayang dong gimana meriahnya perayaan tahun baru di sana. Di Burj Khalifa ada pesta kembang api yang paling modern, light show, water show, fire show, dan pertunjukan musik juga tarian yang dijamin menjadi yang paling mewah di dunia. Layar raksasa juga dipasang guna melengkapi kemegahan acara. Tahun baru kali ini bakal ada Global Village di Dubai. Global Village adalah bazaar megah yang memanjakan turis dengan ragam produk dan banyak festival yang diikuti 70 negara. Akan ada pertunjukan spektakuler Prague Philharmonic Orchestra. Dubai pantas dimasukkan bucket list Anda sebagai destinasi perayaan tahun baru.

 

18. PESTA KEMBANG API DI SINGAPURA

 

Yang nggak bisa pergi jauh jangan sedih karena negara tetangga kita Singapura selalu menampilkan pesta tahun baru yang nggak kalah meriah dengan kota besar lainnya. Marina Bay Sands akan dimeriahkan konser musik artis-artis kelas dunia. Pesta kembang api diluncurkan dari One Fullerton, Bay East Gardens by the Bay, Merlion Park, atau Marina Barrage.

 

19. BOLA JATUH JUGA DI HONG KONG

 

Times Square Hong Kong mengadopsi prosesi bola jatuh seperti di Times Square New York untuk menandakan pergantian tahun. Victoria Harbour selalu penuh dengan penduduk lokal maupun turis yang berpesta di atas kapal. Puncak acara kembang api dan light show digelar di Avenue of the Stars yang pastinya dipadati orang. Langit Hong Kong yang penuh gedung pencakar langit akan berpendar dramatis selama beberapa menit. Dan dari tahun ke tahun selalu ada perubahan dan kemajuan dari pertunjukan light show dan kembang apinya.

 

20. BEER GARDEN DI BANGKOK

 

Bangkok nggak mau kalah dengan menggelar puncak perayaan di Central World Square. Pengunjung yang menyemut akan dihibur light show, konser artis-artis Thailand, dan layar raksasa yang menampilkan pesta-pesta di belahan dunia lain. Puncaknya tentu rangkaian ledakan kembang api yang menyemarakkan langit Bangkok. Dan pesta pun akan berlanjut di kelab malam atau beer garden di tepi-tepi jalan. Tempat lainnya yang menggelar pesta adalah National Stadium dan Sanam Luang.

Teks: Maulana Alam, Mayawati NH, dari berbagai sumber Foto: Istimewa, dari berbagai sumber
Comment