20 PESTA TAHUN BARU TERHITS DI KOTA-KOTA BESAR DUNIA (Bagian 1) 2016-12-30 00:00

 

Ya, tahun baru memang identik dengan pesta semalam suntuk dan penuh dengan berbagai kemeriahan. Salah satu ritual wajibnya adalah peluncuran kembang api tepat saat detik pergantian tahun. Hampir semua kota besar dunia menyelenggarakan pesta kembang api dan yang dimeriahkan pula oleh atraksi lainnya. Berikut ini beberapa pesta tahun baru paling hits di beberapa kota besar dunia. Mungkin Anda sedang berada di salah satu kota ini dan bersiap berpesta? Happy New Year 2017, Tripppers!

 

1. SYDNEY PALING DULUAN TAHUN BARU

 

Sydney harus masuk daftar nomor satu sebagai tempat countdown yang paling hits karena di antara beberapa kota besar, Sydney yang paling dulu tahun baruan. Keriaan pesta tahun baru di Sydney berpusat di Sydney Opera House. Sepanjang pelabuhan dan waterfront padat ribuan orang berpesta, dengan musik keras, minuman, dan keriaan khas pesta lainnya. Dan pastinya puncak acara yang paling dinanti adalah kembang api raksasa dan water show serta aneka pertunjukan modern nan spektakuler lainnya.

 

2. TIME BALLS YANG FENOMENAL DI NEW YORK

 

Times Square menjadi pusat kemegahan pesta tahun baru di New York dengan ritual jatuhnya Time-Balls yang menandai pergantian tahun. Jutaan orang berkumpul, menikmati pertunjukan musik

hidup yang disiarkan ke berbagai negara. Kembang api diluncurkan dari beberapa tempat berbeda begitu jam menunjukkan pukul 12 tengah malam. Dari Times Square, New York Harbor, Grand Army Plaza, Central Park. Nggak ada deh tempat lain yang bisa mewakili ikonik dan epiknya pesta tahun baru di New York, yang sehari-hari pun tak pernah tidur, apalagi di malam pergantian tahun.

 

3. MIAMI, PESTA BERPUSAT DI BAYFRONT PARK

 

Keriaan berpusat di downtown, Bayfront Park, dimulai dengan tari-tarian pada pukul 8 malam hingga puncaknya kembang api saat tengah malam. Di South Beach, Lummus Park di Ocean Drive juga biasa digelar pesta dari pukul 9 malam sampai 2 pagi. Pesta di sini juga dimeriahkan musik hidup dan kembang api. Untuk party lovers, banyak hotel mewah di Miami juga menyelenggarakan acara eksklusif dengan pesta kembang api privat.

 

4. “PARTY MILE”, PESTA HEBOH SEPANJANG JALAN BERLIN

 

Untuk kawasan Eropa, Berlin dengan reputasi sebagai kota pesta sepanjang tahun bolehlah jadi tujuan utama buat para pengejar pesta tahun baru. Jalanan sepanjang 2 km dari Brandenburg Gate sampai Victory Column dipenuhi atribut pesta raksasa dengan jubelan partisipan yang menikmati musik gemebyar di beberapa panggung, street food, aneka atraksi, sinar laser, light show, layar video raksasa. Plus deretan pub dan bar yang menyajikan aneka minuman dan juga makanan, serta tenda-tenda pesta. Setelah pesta kembang api pada pukul 12, semua lanjut pesta di lantai dansa hingga pagi bahkan siang.

 

5. PESTA KEMBANG API BERLATAR LONDON EYE

 

Pusat perayaan tahun baru di London ada di Sungai Thames, London Eye, dan Big Ben. Tiga ratusan ribu orang berkumpul di tepi Sungai Thames dan di beberapa jembatannya untuk menyaksikan pertunjukan lampu dan kembang api yang spektakuler, dengan London Eye dan Houses of Parliament sebagai latar belakang. Kemeriahan dilanjutkan dengan banyaknya after-party yang digelar sampai pagi. Dan pada hari pertama tahun barunya jalan-jalan di pusat kota London disemarakkan parade yang colorful, marching bands, para penari dengan kostum menarik, dan tak ketinggalan prosesi kuda-kuda kerajaan.

 

6. PARTY WITH CELEBRITIES IN LAS VEGAS

 

Kota ini tiap malam aja udah penuh cahaya warna-warni, apalagi malam tahun baru. Ada pesta kembang api yang pastinya spektakuler, konser para penyanyi dunia, atraksi, pesta dansa sampai pagi, hingga tentunya kasino. Pokoknya very hot deh! Klub-klub dan bar-bar tentunya menawarkan juga aneka acara dengan bintang tamu atau host selebriti-selebriti dunia yang pastinya disukai para pengunjung Las Vegas.

 

7. PARIS BERPENDAR

 

Menara Eiffel pastinya menjadi pusat perayaan tahun baru di kota yang berjuluk The City of Light ini. Paris makin berpendar di malam pergantian tahun dengan light show dan kembang api. Champs-Elysees juga nggak mau kalah dengan street party-nya. Botol-botol minuman dibuka dan saling peluk cium di antara keluarga atau teman, saling bertukar bingkisan berupa cokelat. Bagi yang ingin suasana yang nggak terlalu crowded, Montmarte bisa jadi pilihan untuk melihat pesta kembang api juga.

 

8. PESTA PANTAI SPEKTAKULER DI RIO DE JANEIRO

 

Datanglah ke Copacabana Beach di Rio De Janeiro pada malam tahun baru, Anda akan menjadi bagian dari pesta tahun baru terbesar dan terliar di dunia. Pesta kembang api, tradisi melempar bunga ke laut, musik mengentak di mana-mana, dansa-dansi semalam suntuk, panggung-panggung pertunjukan, makanan, minuman – you name it, semua euforia pesta ada di sepanjang garis pantai 2,5 mil dengan dua jutaan orang memadatinya. Mayoritas orang yang berpesta di sini memakai baju serba putih yang dipercaya akan membawa keberuntungan.

 

9. PESTA DADAKAN DI AMSTERDAM

 

Pesta-pesta tahun baru yang terorganisir dipusatkan di area-area publik seperti Rembrandtplein, Nieuwmarkt, Museumplein dan Dam Square. Sedangkan pesta-pesta dadakan jalanan ada menyebar di mana-mana. Beberapa tempat itu menyajikan pertunjukan kembang api. Lokasi terbagus untuk menyaksikan kembang api biasanya di jembatan-jembatan. Sama seperti di kota besar lainnya, lepas tengah malam pesta bergeser dan berlanjut di klub-klub hingga pagi.

 

10. KONSER GRATIS DI VIENNA

 

Di kota para komposer ini ada yang namanya Silvesterpfad (New Year’s Eve Path), sebuah grand street party tahunan, acara utama pergantian tahun. Berupa konser di tempat terbuka dan gratis yang digelar di beberapa tempat historis di pusat kota Vienna. Ada folk music, waltz, operetta, sampai pop dan rock. Tersedia stand-stand yang menjual teh, wine, bir, sampanye, makanan hangat. Tak lupa pesta kembang api yang terbesar ada di Heldenplatz, dekat Imperial Palace dan di Vienna Prater, di depan Ferris Wheel.

 

(Bersambung)

 

 

Teks: Maulana Alam, Mayawati NH, dari berbagai sumber Foto: Istimewa, dari berbagai sumber
Comment