55 OBYEK WISATA DI YOGYAKARTA UNTUK ALTERNATIF LIBURAN (Bagian 6) 2016-11-26 00:00

Candi Prambanan

 

Siapa sih yang pernah bosen ke Yogyakarta? Rasanya sih nggak ada. Di kota maupun kabupaten-kabupaten yang berada di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) ini apa yang dibutuhkan wisatawan ada. Mulai pantai yang indah, gunung yang memukau, warisan budaya yang mengagumkan, kerajinan tangan yang bercita rasa, dsb. Seluruh ragam pesona itulah yang membuat wisatawan kembali, kembali, dan kembali lagi ke Yogyakarta. Berikut 55 obyek wisata di DIY (di luar wisata kulinernya) yang MyTrip pilihkan untuk alternatif liburan. DIY selain memiliki Kota Yogyakartta, juga memiliki Kabupaten Gunungkidul, Bantul, Kulon Progo, dan Sleman. Beberapa obyek wisata yang masuk Kabupaten Magelang Jawa Tengah dimasukkan juga karena biasa turis mengaksesnya dari Yogya.

 

KABUPATEN SLEMAN:

40.  MUSEUM ULLEN SENTALU

Museum yang berada di lokasi wisata Kaliurang ini diresmikan oleh KGPAA Paku Alam VIII 1 Maret 1997. Nama Ullen Sentalu merupakan akronim Bahasa Jawa “Ulating Blencong Sejatine Tataran Lumaku” yang dalam Bahasa Indonesia berarti “pelita hidup”. Museum yang menempati lahan hampir 12.000 m2 ini memiliki beberapa ruangan, yakni Ruang Selamat Datang, Ruang Seni Tari dan Gamelan, Guwa Sela Giri, Koridor Retja Landa dan beberapa ruang lain. Selama berada di museum ini kita akan diajak keliling oleh pemandu yang fasih bercerita tentang sejarah Keraton Yogya dan Solo, perbedaan batik Yogya dan Solo, falsafah Jawa dsb. Pendeknya, mengunjungi museum ini Anda akan disuguhi khasanah budaya Indonesia yang mengagumkan.

Jl. Boyong Km. 25, Kaliurang Barat, Kabupaten Sleman, DIY

 

41.  CANDI PRAMBANAN

Candi ini bisa dibilang candi Hindu tercantik di dunia. Dengan bentuk bulat tinggi nan kokoh, candi yang dibangun pada masa Raja Rakai Pikatan ini mampu menggambarkan betapa hebatnya kebudayaan nenek moyang kita. Candi yang sering dikaitkan dengan cerita legenda Bandung Bondowoso dan Roro Jonggrang ini memiliki 3 candi utama yakni Candi Wisnu, Brahma dan Siwa. Mengunjungi candi ini biar irit, biasanya dipadukan dengan kunjungan ke Situs Ratu Boko, yang nggak kalah cantik. Letak Situs Ratu Boko tidak jauh, ditempuh dengan kendaraan bermotor sekitar 30 menit dari Candi Prambanan.

Jl. Raya Yogya–Solo, Bokoharjo, Prambanan, Kabupaten Sleman, DIY

 

42.  SITUS/ISTANA RATU BOKO

Sering disebut candi, padahal reruntuhan purbakala ini bukan candi atau tempat religius, tetapi bekas keraton, terbukti dengan adanya sisa dinding benteng. Lokasinya yang di atas bukit menjadikannya lokasi yang mantap untuk menonton sunset. Kalau mau keliling kompleks istana ini lumayan capek karena areanya sangat luas.

Jl. Raya Yogya–Solo, Bokoharjo, Prambanan, Kabupaten Sleman, DIY

 

43.  LAVA TOUR MERAPI

 

Ledakan dahsyat Gunung Merapi tahun 2010 meski meninggalkan kesedihan mendalam, ternyata  tidak menyurutkan semangat penduduk yang mendiami lereng gunung. Kini wisata lereng Merapi kian menggeliat dengan suasana baru. Seperti munculnya wisata motor trail, wisata mobil Willys atau Hardtop untuk ber-adventure mengunjungi berbagai lokasi korban letusan, seperti rumah Mbah Marijan, bekas Desa Gumuk Duwur, Kali Adem dsb. Petualangan itu akan lebih asyik dilakukan pagi sambil menikmati sunrise Gunung Merapi.

 

44.  MUSEUM GUNUNG API MERAPI

Untuk mengenang dan lebih mengenal Gunung Merapi didirikanlah Museum Gunung Api Merapi di kaki Gunung Merapi dan diresmikan tahun 2010. Di museum ini kita bisa melihat sejarah letusan Merapi dari masa ke masa. Kita juga bisa ikut merasakan ketegangan saat Merapi meletus dan menimbulkan gemuruh serta awan panas karena begitu masuk suara gemuruh ini akan menyambut kita.Masuklah juga ke teater mininya untuk menonton film pendek berjudul Mahaguru Merapi.

Hargobinangun, Kabupaten Sleman, DIY

 

45.  TAMAN PELANGI

 

Taman Pelangi sering dikenal dengan nama Taman Lampion, karena taman ini dihiasi ribuan lampion berbagai bentuk dan warna. Sangat indah dinikmati malam hari dan pasti menyenangkan bagi anak-anak. Di dalam taman ini ada juga berbagai wahana permainan seperti becak mini, flying fox, trampolin dsb. Dan, taman ini dilengkapi tempat jajan.

Monjali (Monumen Jogja Kembali), Jl. Ring Road Utara, Sariharjo, Kabupaten Sleman, DIY

 

46.  JOGJA BAY

 

Sebuah taman wisata yang memadukan kesenangan dan pendidikan, diwujudkan dalam bentuk lebih dari 19 wahana (permainan) dan merupakan waterpark terbesar di Indonesia dengan total luas 11 hektar. Mengusung tema Pirate (Bajak Laut) yang menjadikan Jogja Bay ini menarik dikunjungi bersama keluarga. Jangan lupakan juga toko cinderamata serta restoran yang juga unik dan menarik tentang bajak laut.

Jl. Stadion Maguwoharjo, Depok, Kabupaten Sleman, DIY

 

47.  UPSIDE DOWN WORLD JOGJA

 

“Dunia Terbalik” di Jogja?  Ini hanyalah salah satu wisata unik yang baru saja mulai tren, dan baru dibuka Juli 2016 lalu. Tempat ini menggabungkan kreativitas seni dan narsis. Di dalamnya Anda akan menjumpai semua posisi barang terbalik seakan gravitasi terbalik ke langit. Bila Anda memang ahli narsis, boleh coba skill Anda di sini deh! Bayangkan seisi rumah terbalik seperti ruang tamu, kamar mandi, toilet, dapur, kamar tidur, meja makan dan lainnya yang merangsang ide kita untuk narsis menyesuaikan lokasi.

Jl. Ring Road Utara No. 18, Maguwoharjo, Depok, Kabupaten Sleman, DIY

 

48.  SINDU KUSUMA EDUPARK

 

Salah satu kawasan bermain yang dibuka sejak Desember 2014 ini mempunyai wahana-wahana yang cukup seru tapi aman dan tidak ekstrem. Wahananya seperti Cakra Manggilingan, Montor Tumbur, Kursi Mabur, Sepeda Mabur, Roti Puter, House of Terror dan banyak lagi. Lokasi pertunjukan juga lengkap tersedia yaitu Cinema 8D, serta permainan yang super santai yaitu, Dino Park, Sepur CIlik dan Komidi Puter.

Jl. Jambon, Sinduadi, Kabupaten Sleman, DIY

 

49.  CITRAGRAND MUTIARA WATERPARK

 

Satu lagi dunia permainan air untuk wisata keluarga dengan tema Treasure Adventure. Berbagai ukuran kolam tersedia yaitu 2 kolam permainan anak-anak, 1 kolam dewasa, 1 kolam semi Olympic, 5 slides untuk anak-anak dan 2 untuk dewasa. Ada juga air tanpa kaporit yang aman untuk kulit juga mata. Selain kolam ada banyak kegiatan edukasi untuk anak-anak, dalam rangka mendukung pelajaran olahraga aquatic di lembaga-lembaga akademis di Yogyakarta.  Mampu menampung hingga 1.000 orang.

Jl. Wates Km. 9, Gamping, Kabupaten Sleman, DIY

 

(Bersambung)

Teks: Adi Pamungkas, Fransiskus Ipang K, Mayawati NH, Wahyuni Kamah Foto: Dok. My Trip, Istimewa
Comment