5 KUDAPAN KHAS SEMARANG

5 KUDAPAN KHAS SEMARANG

Thursday, 24-03-2016 | 15:17

 

Kota Semarang merupakan salah satu surganya wisata kuliner di Indonesia. Selain menu beragam, rasa pasti lezat, harganya pun terjangkau. Berikut 5 kudapan enak khas Semarang yang harus dinikmati saat berkunjung ke ibu kota Jawa Tengah ini.

 

  1. KUE LEKER

Kue leker terbuat dari adonan tepung dan telur, dimasak dalam loyang dengan topping cokelat, keju, stroberi, pisang, sosis, serta telor. Pendeknya, topping disesuaikan dengan selera pembeli. Sesuai namanya, kue ini rasanya leker. Rekomendasi: Kue Leker Paimo (depan SMA Loyola Semarang), yang buka mulai pkl.10.00.

 

  1. LOENPIA

Loenpia atau lumpia merupakan kudapan khas Semarang, berupa gulungan kulit tipis yang berisi campuran sayur rebung, telur, udang dan ayam. Sangat nikmat bila makannya dilengkapi dengan saus kanji  yang khas, acar timun, bawang dan cabe rawit. Ada dua macam yakni  lumpia goreng dan basah (tidak digoreng).  Rekomendasi:

  • Loenpia Mbak Lien, Pemuda (Depan Toserba Sri Ratu) dan di Jl. Pandanaran depan Toko Dyriana
  • Loenpia Mataram, Jl. MT Haryono (Mataram) No.

 

  1. WINGKO BABAT

Wingko babat berupa kue yang terbuat dari bahan utama parutan kelapa dan gula pasir. Awalnya dibuat hanya dalam satu rasa, namun dalam perkembangannya karena menuruti selera pasar kue ini dibuat dalam beberapa rasa seperti kelapa, durian dan cokelat. Rekomendasi:

  • Wingko Babat Dyriana, Pandanaran No.51A.
  • Wingko Babat Cap Kereta Api, Jl. Cendrawasih No.14 (daerah Bubakan).

 

    4. ES PUTER

Saat  ini masyarakat Jakarta sedang dilanda demam es krim, terutama es krim dengan gaya penyajian ala Thaliand. Es krim disajikan dengan batok kelapa. Nah, bila Anda penggila es krim sedang berkunjung ke Semarang, jangan khawatir, di sana juga ada beberapa kedai es krim enak baik di food court mal hingga warung tenda. Rekomendasi:  Es Puter Conglik yang berada di Jl. KH Ahmad Dahlan (depan RS Telogorejo Simpang Lima). Es puter ini dibilang legendaris di Semarang, karena ada sejak 1944. Ada beberapa varian rasa di warung tenda  kaki lima itu seperti rasa durian, kelapa, kopyor, cokelat, kelengkeng serta  leci. Es Puter Conglik buka mulai pukul 17.00.

 

  1. KUE MOACI

Moaci merupakan kue bulat dan terbuat dari tepung ketan yang di dalamnya terdapat adonan kacang dan gula. Rasanya manis dan legit. Ada dua jenis moaci yakni moaci yang luarnya ditaburi tepung dan satunya lagi dilapisi wijen. Semuanya enak.  Rekomendasi: Kue Moaci Gemini, Jl. Kentangan Barat No.101 (dari jalan MT. Haryono/Mataram masuk arah Jl. Jagalan).

 

Teks: Adi Pamungkas Foto: Daniel Kampua

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


948

Back to Top