MAU PAKET KOMPLIT KOREA SELATAN?

MAU PAKET KOMPLIT KOREA SELATAN?

Tuesday, 06-03-2018 | 23:45

 

Korea Selatan tak pernah bosan disambangi para pelancong dari Indonesia. Dan Korea Selatan memang tak pernah gagal memanjakan wisatawan dengan tempat-tempat menariknya. Adalah Samcheong-dong yang menawarkan paket komplit berupa harmoni sebuah budaya tradisional dengan kemoderenan zaman.

 

DI MANA LETAKNYA DAN APA MENARIKNYA?

Merupakan sebuah kawasan di Jongno– gu, Seoul. Terletak  di sebelah utara dari Jongno dan berada di bagian timur Gyeongbokgung Palace. Bisa dibilang Samcheong-dong ibarat sebuah paket komplit. Menyediakan apa pun yang dicari di Seoul dalam satu kawasan. Menurut fengshui sih kawasan ini berada di lokasi yang ideal. Dalam bahasa Korea Sam berarti “tiga” dan Cheong “bersih/baik”. Dinamakan demikian karena konon Samcheong-dong memiliki pemandangan yang indah, air yang murni serta penduduk yang ramah.

 

Samcheong-dong juga merupakan salah satu tempat terunik di Seoul. Karena kawasan ini mampu menyeimbangkan antara budaya tradisional dan sejarah Korea dengan teknologi dan modernitas masa kini. Orang-orang yang datang ke sini memiliki tujuan variatif. Beberapa datang untuk bersantai di kafe-kafe, ada yang untuk melihat karya seni di galeri, berbelanja di toko, membeli bunga. Bahkan tak jarang yang datang hanya sekadar untuk berfoto ria di tembok yang penuh dengan seni mural. Arsitektur dan interior khas hanok-nya menjadi daya tarik tersendiri.

 

 

Ketenangan, kenyamanan dan karakter uniknya tak mudah didapatkan di tempat lain. Jauh dari penuh sesaknya pusat perbelanjaan raksasa dan hiruk-pikuk keramaian Seoul, meskipun sebenarnya berada di tengah-tengah Seoul.

 

APA ITU HANOK?

 

Adalah rumah tradisional khas Korea. Sebagian besar bangunan kafe ataupun toko di sini masih berupa hanok. Hanok di sini digunakan sebagai pusat kebudayaan, penginapan, restoran dan kafe, sehingga kita bisa mengalami dan merasakan sendiri budaya tradisional Korea. Bahkan ada satu perumahan yang hanya terdiri dari hanok. Rumah itu memang asli rumah milik warga dan masih ditinggali sampai saat ini lho. Karena sudah mulai banyak turis yang datang kadang privasi pemilik rumah terusik. Sampai-sampai di ujung-ujung belokan dipasang poster peringatan dilarang berisik yang biasanya dijaga seorang petugas untuk mengingatkan para turis yang berisik.

 

REKOMENDASI KAFE DAN RESTO

  • Cafe Kona Queens. Bangunannya modern. Menjual berbagai jenis minuman seperti kopi, latte, ice blended, dsb.
  • Savoreux. Dessert cafe yang cukup terkenal. Menjual es krim, choux, sandwich, potato chips dll.
  • W.E. Cafe. Bergaya hanok, namun dengan sentuhan interior modern. Menu yang terkenal hotteok (fried pancake).
  • Samcheongdong Sujebi. Antrean di resto ini nggak pernah sepi. Sujebi adalah sejenis sup pangsit yang dibuat dari tepung gandum.
  • Book Cafe Naeseojae. Menyajikan berbagai jenis dessert dan minuman, dilengkapi dengan ribuan buku yang dapat dibaca cuma-cuma.

 

CARA KE SAMCHEONG

Terbang ke Seoul dulu tentunya. Banyak maskapai yang melayani penerbangan ke Incheon International Airport di Seoul dengan harga yang cukup terjangkau.

 

Lalu dari Incheon paling murah naik subway dengan tujuan akhir ke Stasiun Anguk, total waktu tempuh 1,5 jam dengan melewati 15 stasiun. Subway dari Incheon namanya Airport Railroad (ada juga Airport Express Train/AREX, tapi harganya bisa 3X lipat). Turun di Stasiun Gong Deok dulu. Lalu pindah ke jalur subway line 5 ke arah Jongno 3-ga. Sesampainya di Jongno 3-ga pindah ke jalur subway line 3 ke arah Stasiun Anguk. Keluar dari exit 1 Stasiun Anguk, berjalan kakilah +/-10 menit ke arah lurus, kira-kira 100 m Anda akan menemukan sebuah gang di sebelah Pungmun Girl’s High School, belok kanan ke arah gang tersebut dan teruslah mengikuti jalan. Itu sudah masuk kawasan Samcheong-dong, mulai ada toko, kafe, dsb. Nggak ada pintu gerbang atau penanda lainnya.

 

 

INFO TURIS

  • Toko-toko mulai buka antara pkl.10.30–11.00 dan tutup antara pkl.19.00–22.00.
  • Samcheong-dong menyediakan banyak penginapan tipe hanok dengan harga mulai 60.283 won/malam. 1 won= +/-Rp 12,6.
  • Untuk free tour guide, ada perkumpulan mahasiswa yang menamakan dirinya SeoulMate Korea. Jika berminat dapat langsung menghubungi email SeoulMate Korea seoulmate.korea@gmail.com. Bisa juga megakses website http://www.seoul-mate.com/ atau facebook https://www.facebook.com/seoulmate.kor

 

 

TIPS:

Sisihkan waktu setidaknya 3,5 jam untuk menyusuri kawasan dengan total panjang 4 km ini. Dalam jangka waktu itu kita sudah bisa menikmati setiap arsitektur dan interior kafe, toko maupun galeri. Tapi bisa sampai seharian penuh sih kalau ingin mengeksplor lebih dalam terutama rumah hanok-nya yang super unik itu.

 

Baca juga " Panduan Cerdas Eksplor Korea Selatan"

 

Teks & Foto: Anastasia Gabby Chandra

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


409

Back to Top