PANDUAN CERDAS EKSPLOR ATHENA

PANDUAN CERDAS EKSPLOR ATHENA

Monday, 04-09-2017 | 17:03

Athena, ibu kota Yunani yang memiliki banyak peninggalan sejarah peradaban barat merupakan salah satu destinasi favorit wisatawan mancanegara. Kota ini terletak di bagian selatan Yunani. Kota pelabuhan terdekat adalah Pireaus yang melayani feri dari mainland Yunani ke pulau-pulau di Laut Mediterania.

 

Yunani sendiri berada di ujung Eropa bagian selatan yang berbatasan langsung dengan Laut Mediterania. Memiliki wilayah utama di daratan Eropa dan kepulauan di Laut Mediterania. Di bagian utara berbatasan langsung dengan Albania, Macedonia dan Bulgaria. Dengan keuntungan letak geografis ini Yunani menjadi salah satu tujuan utama wisatawan Eropa di musim panas.

 

 

CARA KE ATHENA

Tiga maskapai ini bisa jadi pilihan:

Emirates Airlines: Jakarta-Dubai-Athena 

Etihad Airways: Jakarta-Abu Dhabi-Athena

Turkish Airlines: Jakarta-Istanbul-Athena

Harga normal tiket pesawat Jakarta-Athena PP: USD 1.400-1.500. Kalau promo bisa dapat USD 1.000. Biasanya yang waktu transitnya tersingkat harganya lebih mahal.

Lama penerbangan tanpa transit: 13 jam. Dengan transit bisa sampai 22 jam (dengan tiket termurah).

Jika masuk Athena dari kota besar lain di Eropa: Maskapai nasional Yunani, Aegean Airlines dan Olympic Air melayani penerbangan dari beberapa kota besar Eropa menuju Athena. Di antaranya dari Kota Munich, Frankfurt, London, Madrid dan Barcelona.

Bandara di Athena: Eleftherios Venizeloz International Airport dengan kode internasional ATH.

 

VISA

Diperlukan Visa Schengen

Visa bisa diurus di:

Kedutaan Besar Yunani di Jakarta

Plaza 89 Lantai 12 Suite 1203, Jl. H.R. Rasuna Said Kav X-7 No.6 Jakarta 12920

Telp: 021 5207776

 

MATA UANG

Sebagai anggota Uni Eropa, Yunani memakai mata uang Euro (EUR)

EUR 1= +/-Rp 16.000

 

ZONA WAKTU

GMT+3 (4 jam lebih lambat dari WIB) pada bulan Mei-Oktober

Atau GMT+2 pada bulan November-April

 

KODE TELEPON

Kode telepon Yunani: +30

 

BAHASA

Bahasa resmi: Bahasa Yunani. Namun warga Yunani sangat fasih berbahasa Inggris. Petunjuk arah dan nama daerah ditulis dalam 2 aksara, aksara Yunani dan aksara Romawi yang biasa kita pakai.

 

WAKTU KUNJUNGAN TERBAIK

Musim wisata ke Athena adalah musim panas & musm gugur (April-Oktober). Turis bisa melanjutkan tur ke pulau-pulau di Laut Mediterania seperti Creta dan Santorini.

Saat terbaik kunjungan: awal musim panas (April-Mei) atau memasuki musim gugur (September-Oktober) karena suhu udara relatif sejuk (20-25°C) dan nggak terlalu kering.

 

 

TRANSPORTASI

Transportasi dari bandara ke pusat kota

Ada beberapa pilihan, dengan metro, bus, taksi atau sewa mobil. Info aja, kendaraan di Yunani menggunakan sistem setir kiri (kebalikan dengan di Indonesia).

 

  • Metro

Metro line 3 (blue line) menghubungkan bandara dan pusat kota. Jam operasi: pkl.06.30-23.30 (bandara ke pusat kota) dan pkl.05.30-23.00 (pusat kota ke bandara). Di kota, metro line 3 terkoneksi dengan metro line 1 (green line) dan line 2 (red line).

 

  • Suburban railway

Menghubungkan bandara ke beberapa kota di sekitar Athena, seperti Piraeus dan Corinth. Informasi mengenai suburban railway bisa diperoleh di www.trainose.gr.

 

  • Bus

Bus ekspres tersedia 24 jam dari bandara ke beberapa tujuan di Athena, yaitu:

-     Jalur X93      : bandara – Kifissos and Liosion Intercity Bus Terminal

-     Jalur X95      : bandara – Syntagma Square (pusat kota); lama perjalanan sekitar 45 menit

-     Jalur X96      : bandara – Piraeus Port

-     Jalur X97      : bandara – Dafni Metro Station

       

  • Taksi

Taksi tersedia 24 jam. Perjalanan dengan taksi ke pusat kota +/-40 menit tergantung dari kepadatan lalu lintas.

 

  • Sewa mobil

Konter sewa mobil ternama seperti Avis, Hertz, Budget dan Sixt tersedia di terminal kedatangan.

 

Transportasi di dalam kota

Tersedia metro, tram, bus dan taksi. Public transport di Athena cukup nyaman dan mudah digunakan, terutama metro dan tram. Bus sering penuh pada jam berangkat dan pulang kantor. Stasiun metro dan tram dekat dengan lokasi wisata sehingga bisa jadi pilihan utama untuk berkeliling Athena.

 

  • Metro

Ada 3 jalur:

-     Metro line 1 (green line): Piraeus – Kifissia

-     Metro line 2 (red line): Agios Dimitrios – Agios Antonios

-     Metro line 3 (blue line): Egaleo – bandara

Jam operasi: pkl.05.00-24.00 dan sampai pkl.02.00 di hari Jumat dan Sabtu. Peta rute metro tersedia di information center di bandara atau di www.amel.gr.

 

  • Tram

Ada 3 jalur:

-     Line 1 (Aristotle): Syntagma Square – Peace and Friendship Stadium

-     Line 2 (Platon): Syntagma Square – Voula

-     Line 3 (Thoukididis): Peace and Friendship Stadium - Voula

Jam operasi: pkl.05.30-01.00 dan sampai pkl.02.30 di hari Jumat dan Sabtu. Informasi mengenai tram bisa diperoleh di www.tramsa.gr.

 

 

  • Bus

Berbagai jalur bus tersedia untuk tujuan dalam kota dan luar kota. Untuk menggunakan bus, informasi lebih mudah diperoleh dari penduduk lokal karena peta rute bus relatif sulit diperoleh. Di halte bus tersedia papan petunjuk tujuan bus yang berhenti di halte tersebut. Jam operasi: pkl.05.00-24.00.

 

  • Taksi

Taksi tersedia 24 jam dengan sistem argo.

 

Salah satu keuntungan naik public transport di Athena adalah integrated ticket yang bisa dipakai untuk metro, tram dan bus, kecuali metro ke bandara dan suburban railway. Ada beberapa jenis integrated ticket yang ditawarkan: single ticket, ticket for 90 minutes, daily ticket, weekly ticket.

 

CITY TOUR

Ada 2 penyedia city tour dengan bus hop on hop off di Athena, yaitu:

  1. Athens Open Tour (Yellow Bus)

Informasi di www.theopentour.com.

 

  1. City Sightseeing (Red Bus)

                Informasi di www.citysightseeing.gr.

 

Info umum tentang city tour bus:

-          Rata-rata bus mulai beroperasi sekitar pkl.09.00 dan berakhir pkl.18.00 (atau ada yang sampai pkl.21.00 saat high season). Bus berangkat tiap 30 menit sekali.

-          Sama dengan hop on hop off city tour bus di kota-kota Eropa, bus ini juga dilengkapi headset dengan banyak pilihan bahasa. Jadi selama perjalanan kita bisa mendengarkan audio guide.

-          Dengan membeli tiket bus ini kita akan mendapatkan peta, dan voucher diskon di berbagai toko dan tempat makan.

 

Info: Keliling Athena sebenarnya nggak harus dengan city tour kok karena semua lokasi wisata dapat dijangkau dengan mudah pakai metro. Tetapi bisa jadi alternatif kalau sedang ada pemogokan pegawai metro.

 

OBJEK WISATA DI ATHENA baca di sini

 

CONTOH ITINERARY EKSPLOR ATHENA

Hari 1     : Acropolis

                  Acropolis Museum

                  Plaka  

Hari 2     : Roman Agora

                 Ancient Agora

                 Monastiraki

Hari 3     : Arch of Hadrian

                  Temple of Olympian Zeus

                  Syntagma Square

 

PENGINAPAN

Kawasan Plaka

 

Area favorit di pusat kota: Daerah Plaka. Selain aman, juga nggak berisik di waktu malam. Dari Plaka kita juga bisa ke Acropolis hanya dengan jalan kaki. Dan dari atap hotel kita bisa melihat Acropolis nan cantik, terlebih dengan lampunya di waktu malam. Mau belanja-belanja juga gampang, karena di Plaka memang banyak terdapat toko.

Harga: Secara umum penginapan di Athena memang cukup mahal. Tapi tenang aja, tetap banyak pilihan kok, mulai dari hostel, hotel bujet ataupun hotel berbintang. Hotel bintang 1 tarifnya satu malam sekitar EUR 30/orang. Untuk hostel tentu lebih murah lagi. Sedangkan hotel bintang 3 mulai sekitar EUR 80 untuk kamar double.

Tips: Hati-hati memilih area untuk menginap, karena banyak kawasan yang kurang aman, banyak prostitusi, orang mabuk bahkan berkelahi di waktu malam.

 

KULINER

Kuliner yang perlu dicoba: souvlaki, grilled meat dengan irisan tomat dan bawang dan Greek tzatziki (yoghurt dengan bawang dan mentimun). Biasa dilengkapi dengan french fries dan roti pan slice yang disebut ‘pita’. Souvlaki yang direkomen untuk dicoba ada di dekat Monastiraki Station, yaitu di Savvas di Mitropoleas 86-88 dan O Thanasis di Mitropoleas 69.

 

Souvlaki

 

Kalau mau coba sandwich, cheese pie atau spinach pie, bisa di jaringan Grigoris, Everest atau Goody’s yang banyak tersebar di pusat keramaian.

 

Teks: Novi Kurniawan & Titry Frilyani Foto: Shutterstock, www.tram_athenstransport.com, www.theopentour.com, www.woman2womenblog.com

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


728

Back to Top