TIPS BERBELANJA DI PASAR TRADISIONAL DUBAI 2017-07-23 00:00

Textile Souk

 

Jalan-jalan ke luar negeri bagi sebagian kita dirasa nggak afdol kalau nggak beli oleh-oleh untuk keluarga maupun teman-teman di tanah air. Tapi kadang Anda mungkin kehabisan ide, mau beli oleh-oleh apa. Gantungan kunci sudah sering, begitu juga hiasan bola salju dalam kaca (snow globe), maupun kaus bertuliskan “I Love (nama kota)”. Nah, kalau ke Dubai, Anda bisa membeli oleh-oleh unik di berbagai pasar tradisionalnya yang disebut souk. Souk lebih dikenal sebagai pasar bergaya Arab atau bazaar, di mana Anda bisa menemukan aneka barang yang diinginkan di antara para penjual di pasar ini. Jika Anda masih belum yakin, berikut adalah beberapa hal yang bisa Anda temukan dan rasakan di pasar tradisional Dubai.

 

GOLD SOUK (BAZAAR EMAS)

 

Disebut sebagai pasar tradisional yang paling terkenal dan paling sering dikunjungi di Dubai – juga merupakan tempat menjual emas dengan harga murah. Jelajahilah jalan setapak yang penuh dengan penjual emas. Gold Souk menawarkan berbagai macam perhiasan untuk kepala hingga kaki. Selain perhiasan yang terbuat dari emas, tersedia juga berbagai pilihan perhiasan yang terbuat dari perak, berlian, dan batu-batuan berharga. Gold Souk adalah tempat terbaik untuk mendapatkan hadiah spesial bagi orang terkasih.

Tips: Pastikan Anda mengetahui harga pasaran per gram emas pada saat itu, karena harga emas mengalami fluktuasi setiap harinya, sama halnya dengan pasar saham. Jika Anda sudah menyukai barang tertentu, jangan takut untuk menawarnya, Anda bisa saja mendapatkan harga yang lebih murah. Tips lainnya adalah pastikan bertransaksi menggunakan uang tunai karena besar kemungkinan para penjual akan menurunkan harganya untuk Anda. Terakhir, pastikan untuk selalu membeli di toko resmi yang mematuhi peraturan pemerintah.

Lokasi: Di Deira dekat Stasiun Al Ras.

Jam buka: Sabtu – Kamis pukul 10.00 – 22.00, Jumat pukul 16.00 – 22.00.

 

SPICE SOUK

 

Bersiaplah untuk menghirup aroma yang tajam begitu Anda memasuki Spice Souk di Dubai. Tarik napas dan hirup aroma di sekitar Anda, seperti kunyit, mawar, cabai, kayu manis, vanilla, herbal, kacang, dan dupa. Biarkan bebauan itu merasuk dan memanjakan panca indera Anda. Jika Anda tidak mengetahui jenis bumbu-bumbu yang diinginkan, penjual yang ramah akan dengan senang hati membantu Anda mencari aroma dan rasa terbaik favorit Anda. Jangan ragu untuk mencoba beberapa bumbu atau menghirup aroma berbagai buah kering, Anda tidak akan tahu hingga mencobanya.

Tips: Selain menjual aneka bumbu, Spice Souk juga menjual berbagai macam buah kering, termasuk kurma, yang bisa menjadi oleh-oleh menarik untuk dibawa pulang. Buatlah para orang terkasih merasakan sedikit bagaimana perjalanan Anda.

Lokasi: Di Deira, dekat Gold Souk.

Jam buka: Sabtu – Kamis pukul 10.00 – 22.00, Jumat pukul 16.00 – 22.00.

 

TEXTILE SOUK

 

Baik Anda seorang pecinta fashion atau tidak, pastikan untuk datang ke Textile Souk. Dengan dominasi warna yang cerah dan mencolok, Anda akan melihat bagaimana tempat ini mirip dengan rempah-rempah berwarna-warni di Spice Souk. Menawarkan berbagai macam kain dan warna, rasakan berbagai koleksi dari seluruh dunia yang dikumpulkan dalam pasar ini. Sentuh dan rasakan tekstur velvet, suede, sutra, katun, dan pilih yang Anda suka.

Tips: Textile Souk ini terkenal dengan selendang pashmina cerah dan sepatu tradisional Arab yang akan disukai oleh kekasih Anda. Untuk pria, pasar ini menyediakan dompet kulit dan ikat pinggang dengan berbagai bentuk dan warna. Ketika berbelanja di Textile Souk, selalu tawar dengan harga lebih murah dan coba untuk membeli banyak barang di satu toko karena pedagangnya akan memberikan lebih banyak diskon.

Lokasi: Di Bur Dubai, dekat Stasiun Bur Dubai Abra.

Jam buka: Sabtu - Kamis pukul 08.00 – 13.30 dan pukul 16.00 – 21.00, hari Jumat tutup.

 

SOUK AL BAHAR

 

Jika Anda malas menjelajah dan lebih memilih untuk duduk santai sembari menyesap secangkir kopi, Souk Al Bahar adalah tempat yang cocok. Anda bahkan bisa membeli teko kopi Arab untuk dibawa pulang dan menghidupkan kembali pengalaman Anda di Dubai di dalam rumah. Teko kopi klasik ini akan menjadi oleh-oleh yang pas untuk teman dan keluarga Anda yang menyukai kopi.

Tips: Sebagai pasar tradisional yang modern, Souk Al Bahar mirip dengan pusat perbelanjaan di mana Anda bisa mendapatkan hampir apa saja, termasuk lampu tradisional Arab yang bisa dibawa pulang – namun hati-hati, lampu ini sangat rapuh dan mungkin susah untuk dibawa pulang. Pilihan yang lebih mudah lainnya di Souk Al Bahar adalah coklat berbentuk unta yang menggemaskan. Selain asli Dubai, ini adalah oleh-oleh yang lezat dan menyenangkan untuk orang terkasih. Sepadan ‘kan dengan senyum senang mereka?

Lokasi: Downtown Dubai di 1 Sheikh Mohammed bin Rashid Boulevard.

Jam buka: Sabtu – Kamis pukul 10.00 – 22.00 dan Jumat pukul 14.00 – 22.00.

 

 

Jadi, datanglah ke pasar tradisional di Dubai, gunakan kemampuan menawar Anda sebaik mungkin, dan dapatkan oleh-oleh terbaik bagi keluarga dan teman Anda. 

 

Baca juga "11 Tempat untuk Menikmati Dubai dengan Cara Berbeda"

Teks & Foto: Dubai Tourism
Comment