‘SURGA’ ITU NYATA ADA DI BANFF NATIONAL PARK

‘SURGA’ ITU NYATA ADA DI BANFF NATIONAL PARK

Tuesday, 11-07-2017 | 10:15

Lake Louise

 

Mau lihat ‘surga’ di bumi? Datanglah ke tempat yang menawarkan rangkaian pemandangan gunung, danau dan padang es yang tak putus-putusnya di belahan bumi utara ini. Banff National Park nama tempat itu. Adalah taman nasional pertama yang dimiliki oleh Kanada. Taman nasional yang berlokasi di area Rocky Mountain, Provinsi Alberta, Kanada, ini didirikan pada tahun 1885 dan memiliki pemandangan gunung, danau dan icefield (padang es) yang cantik mempesona.

 

APA SAJA WUJUD ‘SURGA’ DI SANA?

Langit yang Mempesona

Banff National Park adalah satu dari empat lokasi terbaik di dunia untuk menikmati pelangi. Kalau terberkati kita bisa melihat double rainbow di sini. Perubahan langit saat sunrise dan sunset pun sangat memukau. Pemandangan langit saat sunrise menampilkan warna oranye yang menakjubkan dan sunset-nya dramatis dan agak misterius.

 

Gunung dan Danau yang Bikin Mata Tak Sanggup Berkedip

Sepanjang jalan selama di Banff National Park yang merupakan highway, bernama Icefield Parkway, mata kita akan disuguhi pemandangan deretan pegunungan yang cukup besar dengan bentuk yang cantik dan beberapa puncaknya dihiasi salju. Banyak tidaknya salju di puncak gunung tergantung pada musim apa kita datang. Sedangkan danaunya bergradasi warna yang didominsi warna hijau toska dan selalu dihiasi background pegunungan.

 

Pemandangan cantik selama perjalanan

 

Icefield yang Bagaikan Selimut Putih Raksaksa Membentang

Di sini juga terdapat icefield yang merupakan lapangan salju yang bisa dinikmati saat bukan winter (saat winter ditutup karena terlalu dingin dan salju terlalu tebal). Kita bisa berjalan-jalan di atas lapangan bersalju dan kita juga bisa mencoba memegang bahkan ada yang mencoba minum air dari salju yang mencair. Kata guide-nya bisa membuat terasa lebih muda, Anda berani mencobanya?

 

Arthabasca Icefield dari kejauhan

 

APA SAJA OBJEK MENARIKNYA?

Lake Louise

 

Inilah spot foto paling Instagenic di Banff National Park. Danau yang berwarna hijau toska ini dihiasi latar pemandangan dua gunung yang selalu bersalju. Danau ini dulunya bernama Laggan dan diganti menjadi Louise sesuai nama Princess Louise Caroline Alberta (1848-1939), putri keempat Queen Victoria dari Inggris dan istri dari John Campbell yang adalah Gubernur Jenderal Kanada pada tahun 1878-1883. FYI, Kanada sampai saat ini adalah negara anggota persemakmuran Kerajaan Inggris.

 

Peyto Lake

 

Peyto Lake juga tak kalah cantik. Dengan bentuk yang berbeda, memanjang sepanjang 2,8 km dengan salah satu ujungnya berbentuk setengah bintang, danau ini tampak cantik membentang dilatari pegunungan. Nama danau ini diambil dari nama Bill Peyto, seorang guide di area Banff.

 

Arthabasca Columbia Icefield

 

Ini adalah satu dari 6 padang es yang ada di Columbia Icefield. Area seluas +/-6 km2 ini terbentuk 125 tahun yang lalu dan konon katanya ketebalannya terus menyusut sepanjang tahun.

 

Untuk menikmati padang es ini kita harus menggunakan bus khusus. Bus dengan roda super raksaksa ini akan membawa kita turun ke area lembah. Jalanan yang dilalui lumayan curam tapi ajaibnya beberapa pengemudi busnya wanita lho!

 

Saat tiba di bawah, kita akan dipersilakan jalan di atas salju. Sebaiknya pakai sepatu yang solnya bergerigi cukup banyak sehingga memudahkan kita berjalan. Jangan coba-coba melewati batas area yang sudah ditandai oleh pihak pengelola karena berbahaya. Jalan di atas salju pun harus hati-hati karena jika pergi saat musim gugur saljunya sudah mengeras menjadi seperti es batu yang diserut. Sedangkan saat musim semi dan panas saljunya relatif lebih lembut tapi lembutnya mungkin akan membuat kaki kita terperosok. Saat winter salju sangat tebal dan tidak aman untuk dilangkahi sehingga wisata ini ditutup saat winter.

 

Glacier Skywalk

Dari tempat ini kita dapat memandang area icefield dan pegunungan yang bagaikan mata burung yang terbang karena kita berdiri di menara berlantai kaca yang berbentuk setengah lingkaran yang tingginya 280 m dari permukaan.

 

MUST DO

Makan es krim! Ya, bener, es krim! Entah apa yang membuatnya berbeda, es krim di sini maknyus banget! Jadi walau suhu udara dingin, tetap cobain deh, nikmat benar rasanya.

 

KAPAN SEBAIKNYA KE SANA?

Semua waktu baik tapi saat winter (pertengahan Oktober sampai pertengahan April) di Kanada sangat dingin (bisa minus belasan bahkan minus 20-an derajat C) dan beberapa objek wisata seperti Arthabasca Columbia Icefield ditutup.

 

PETUNJUK KE SANA

Menuju ke tempat ini paling dekat dari Kota Calgary, Provinsi Alberta. Menikmati Banff National Park ada beberapa alternatif:

1. Menginap di Calgary dan mengikuti day tour.

2. Setelah mendarat di Calgary, naik bus ke Banff dan menginap di sana --bisa di area perkotaannya yang bernuansa pegunungan dengan penginapan sederhana atau bisa juga di hotel mewah Fairmont Chateau Lake Louise sehingga puas memandang Lake Louise, lalu mengikuti day tour.

 

Artikel ini pernah dimuat di www.qubicle.id

Teks: Kumala Budiyanto Foto: Kumala Budiyanto, oddcities.com, ski-canada.com

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


922

Back to Top