INILAH TRIK YANG PERLU ANDA TAHU SEBELUM BERLIBUR ANTI MAINSTREAM DI AUSTRALIA BARAT 2017-03-03 00:00

 

Salah satu cara terbaik menikmati Australia Barat adalah menjelajah dengan kendaraan roda empat. Karena negara bagian terbesar di Australia ini menawarkan pengalaman perjalanan yang sangat menantang, pemandangan yang spektakuler dan tentunya anti mainstream. Trippers akan melihat langsung wajah asli pedalaman Australia, bentang alam yang khas Australia, menjumpai kanguru, burung emu, burung elang dan sejumlah warisan masa lalu di sepanjang perjalanan.

 

 

Gerbang masuk Australia Barat tentunya ibu kotanya yakni Perth. Jangan keburu bernafsu berpetualang dan mengabaikan Perth karena kawasan urban ini akan memanjakan Trippers. Nikmati jejeran restoran di tepian sungai, juga pendar jingga senja di tepi pantai. Atau cobalah ke Kings Park untuk menikmati sejuknya taman kota. (baca juga "Panduan Cerdas Eksplor Perth")

 

Setelah puas di Perth barulah menjelajah kawasan unik ini lebih dalam. Pemandangan bebatuan merah, ngarai dan hewan ternak akan memanjakan mata Anda sepanjang perjalanan di Gibb River Road di kawasan Kimberley. Petualangan dengan mobil 4 WD dari Derby ke Kununurra akan melintasi kawasan yang cantik alami. Anda juga bisa mampir melihat buaya air tawar di Windjana Gorge National Park, serta berenang, berjalan melintasi semak dan berkemah di Lennard dan Bell Gorges.

 

 

Lintasan lain yang juga menantang adalah Golden Quest Discovery Drive Trail yang membentang sepanjang 965 km antara Coolgardie ke Laverton. Lintasan ini bisa dicapai sekitar 7 jam dari Perth, dan bersiaplah bertemu Niagara Dam, sebuah danau buatan yang menjadi tempat menyenangkan untuk piknik atau bermalam di tenda.

 

 

Australia Barat memang menawarkan alam liar sebagai salah satu daya tarik utama wisatanya. Menjelajahinya dengan kendaraan roda empat menjadi sebuah tantangan tersendiri. Begitu banyak atraksi alami yang berserak di sepanjang lintasan kawasan ini. Salah satunya adalah kawasan Yallingup, yang menawarkan tempat berselancar yang keren, pantai yang indah, anggur berkualitas, gua-gua kuno dan pemandangan matahari tenggelam yang luar biasa. Kawasan ini hanya tiga jam bekendara ke arah selatan dari Kota Perth.

 

 

Nah, jika Trippers masih belum puas, mungkin ‘menghilang’ dari keramaian selama beberapa hari bisa menjadi pilihan. Pilihlah Wool Wagon Pathway yang akan membawa Anda dari Geraldton menuju Exmouth yang akan sempurna dinikmati di atas kendaraan 4 WD selama beberapa hari. Perjalanan ini akan memanjakan mata dan rasa Anda saat melintasi wilayah yang kaya dengan bunga-bunga liar, padang gurun dan akan berakhir di tepian samudera biru yang akan mempertemukan Anda dengan sejumlah makhluk laut yang unik.

 

 

Di sepanjang perjalanan, Anda juga akan melintas batu karang Ningaloo yang menjadi bagian dari warisan dunia, di mana terdapat 500 spesies ikan dan 300 jenis batu karang yang bisa dicapai dengan mudah dari tepi pantai. Ningaloo juga tempat terbaik untuk menjumpai salah satu makhluk terbesar di lautan, yaitu hiu paus atau whale shark antara bulan Maret sampai Juli.

 

Ayo nikmati petualangan alam liar Australia Barat dan tekanlah pedal gas melintasi lintasan panjang di depan Anda!

 

Teks & Foto: Tourism Western Australia
Comment