PANDUAN CERDAS EKSPLOR SHANGHAI 2016-12-02 00:00


 

Salah satu kota tujuan utama turis ke China adalah Shanghai. Kota ini sangat megah dengan pesona sejuta cahaya memanjakan mata yang bisa dinikmati sepanjang malam. Kilau cahaya kian merona di antara bangunan kuno bergaya campuran Eropa-Cina yang bersanding dengan bangunan modern. 

The Bund, Yuyuan Garden, Nanjing Road adalah sebagian atraksi wisata yang menarik dikunjungi di Shanghai. Baca “10 Alasan Mengunjungi Shanghai”.

 

Berikut MyTrip berikan panduan untuk mengeksplor Shanghai dengan cerdas.

 

INFO UMUM

Letak: Di China bagian timur. Berjarak 1.150 km dari Beijing, ibu kota Republik Rakyat China.

Mata Uang: RMB (Renminbi) atau CNY (China Yuan). Terdapat pecahan 100, 50, 20, 10 dan 5 dalam bentuk kertas dan pecahan 1 dalam bentuk koin. 1 RMB= +/-Rp 2.010.

 

 

Zona Waktu: China hanya punya satu zona waktu, Shanghai dan Beijing sama, 1 jam lebih cepat dari WIB. Atau GMT+8.

Kode Telepon:

Kode telepon China: +86

Kode telepon Kota Shanghai: 20

Bahasa: Bahasa resmi Mandarin. Tapi penduduk Shanghai, terutama kaum muda, banyak yang mahir bahasa Inggris. Sedangkan kaum tuanya banyak yang nggak bisa Mandarin, melainkan bicara dengan dialek Shanghai. Petunjuk  di moda transportasi dan loket penjualan tiket transportasi sudah menggunakan bahasa Inggris.

 

PENGAJUAN VISA CHINA KE MANA?

Chinese Visa Application Service Centre atau PT China Visa Services Indonesia
The East Building, Unit 6, 2nd Floor
Jl. Lingkar Mega Kuningan  Blok E 3.2 Kav 1  Jakarta 12950

Telp: ( 021) 57938655  
Fax:  (021) 57938659  
Email: jakartacentre@visaforchina.org
 

KAPAN WAKTU TERBAIK?

Nggak perlu waktu atau musim khusus. Karena saat musim dingin pun di Shanghai nggak pernah turun salju. Jadi nggak ada waktu terbaik berkaitan musim. Waktu terbaik ya saat low season, tiket pesawat lebih murah.

 

CARA KE SHANGHAI

Dari Jakarta:

Ada beberapa pilihan maskapai:

  • Garuda Indonesia: Jakarta-Shanghai (Pudong International Airport), tanpa transit.

Durasi: +/-6 jam.

  • AirAsia: Jakarta-Kuala Lumpur –Shanghai (Pudong International Airport), penerbangan fly through. Total durasi: 9-11 jam.
  • Cathay Pasific: Jakarta-Shanghai (Pudong International Airport), transit di Hongkong.

Durasi: 8,5 jam.

 

Dari Beijing:

  • Naik kereta CRH (China Railway Highspeed).

Durasi: 4 jam 50 menit. Jadwal kereta hampir tiap jam, mulai pukul 07.00-18.00.

Tiket bisa dibeli dari Indonesia via agen travel di China, pesan lewat email dan dibayar dengan Paypal. Tiket juga bisa dibeli langsung di stasiun kereta.

  • Pesawat China Southern: Beijing-Shanghai (Hongqiao International Airport)

Durasi: 1 jam 55 menit.

 

BANDARA DI SHANGHAI ADA DUA

 

  • Pudong International Airport terletak di distrik baru Pudong, kurang lebih 30 km arah tenggara dari pusat kota Shanghai. Kebanyakan penerbangan antarnegara termasuk Garuda memakai bandara ini.
  • Hongqiao International Airport terletak di distrik Changning,  +/-13 km arah barat dari pusat kota. Bandara ini melayani penerbangan domestik dan internasional juga tapi terbatas.

 

DARI PUDONG INTERNATIONAL AIRPORT KE PUSAT KOTA

  1. Taksi

Banyak tersedia di halaman kedatangan. Gunakan taksi resmi dan hindari penawaran taksi tanpa argo. Biaya taksi ke pusat kota berkisar RMB 200. Perjalanan ke pusat kota ditempuh 45-90 menit, tergantung kondisi lalu lintas.

  1. Bus bandara

Halte bus bandara terdapat di depan terminal. Ada 6 rute yang akan membawa penumpang ke pusat kota. Harga bervariasi RMB 20-30. Jadwal keberangkatan bus setiap 20 menit dan beroperasi pukul 07.20-23.00.

  1. Subway

Stasiun subway (metro) sekitar 350 m dari pintu keluar. Keluar bandara ikutin aja lorong panjang hingga sampai ujung sebelah kiri, sampailah di stasiun subway. Disarankan beli tiket terusan untuk menghindari antrean saat beli tiket per jurusan. Misal membeli tiket terusan 72 jam (3 hari). Sesuaikan aja dengan durasi wisata di Shanghai.

  1. Shanghai Maglev Train

 

Kereta magnet dengan kecepatan super dengan rute Pudong International Airport ke Longyang Road Station yang berjarak sekitar 30 km, dengan waktu tempuh hanya 8 menit! Bayangkan betapa ekspresnya! Dari Longyang Road Station dilanjutkan dengan naik subway jalur 2 menuju pusat kota Shanghai. Letak stasiun Shanghai Maglev Train di timur bandara.

Jam operasi  dari Pudong International Airport pkl. 07.02-21.42. Interval setiap 15 menit hingga pkl. 17.02 dan setiap 20 menit mulai pkl. 17.02 hingga 21.42. Dengan kecepatan mulai 300 km/jam-430 km/jam tergantung jam operasionalnya.

 

BAGAIMANA TRANSPORTASI DI DALAM KOTA?

Transportasi di Shanghai cukup mudah, aman dan nyaman. Hampir semua tujuan wisata dihubungkan oleh subway. Subway-nya pun menggunakan 2 bahasa yakni Mandarin dan Inggris. Nah, bila selama di Shanghai banyak menggunakan moda transportasi ini, lebih baik membeli tiket terusan “Shanghai Public Transportation Card”. Kartu transportasi yang dapat di top-up seharga RMB 100 termasuk RMB 20 deposit atau membeli “Three-day Travel Pass”  dengan harga RMB 45. Dengan tiket ini bebas naik subway ke mana aja asal masih di Kota Shanghai. Tiket ini bisa dibeli  di konter tiket subway.

Selain dengan subway, perjalanan di kota lebih asyik bila dikombinasikan dengan bus wisata, sehingga bisa melihat pemandangan kota. Selain itu ada beberapa lokasi yang memang agak jauh dari stasiun subway. Di Shanghai ada dua bus wisata yakni Citysightseeing Bus  dan Hop on Hop off Bus. Tapi lebih disarankan menggunakan Citysightseeing Bus.

 

BEBERAPA PENGINAPAN YANG DIREKOMENDASI

Nanjing Hotel Shanghai Jinjiang (**)
No. 200 Shanxi South Road, Huangpu District, Shanghai 200001, China (People's Square).
Berlokasi di ujung jalan Shanxi dan Nanjing Road, tidak jauh dari Nanjing Street Shopping District, The Bund dan People’s Square.Harga kamar standard sekitar Rp 500.000/malam.
 
Ibis Shanghai Yu Garden (***)
No. 85 Zhoujin Road Entrance of Jin Yu Dept Store, Huangpu, 200011 Shanghai.
Berjalan kaki 10 menit dari Yuyuan Garden subway station (line 10)
Harga kamar standard sekitar Rp 750.000/malam.
 
Pullman Shanghai Skyway (****)
15 Dapu Road, Huangpu, 200023 Shanghai.
Sekitar 200 m dari Dapuqiao subway station (line 9) dan sekitar 500 m dari Tianzifang and SML Shopping Mall.
Harga kamar standard sekitar Rp 1.700.000/malam.

Teks: Kumala Budiyanto Foto: Shutterstock
Comment
Exindipse

Overall, the DNA microarray data from BMS 754807 tamoxifen treated tumors suggested a stronger repression of proliferative, cell cycle, DNA damage, and survival markers than other treatments investigated, including BMS 754807 letrozole real cialis online

2022-11-19
Bambang

Kalau beli kartu yg bisa ditop up. Itu cara isi ulangnya bayarnya pakai apa Boss? Denger2 harus pakai WeChat ? Tidak bisa tunai? Apa benar? Kalau 1 Minggu solusinya gimana? Misal pakai 3pass, kalau habis beli lagi GT?

2019-07-06
maya

Shanghai kota besar, anak mudanya lumayan banyak yg bisa bhs Inggris dan bisa kasih petunjuk kalau ditanya. Soal kartu transportasi kami juga belum update lagi ada utk berapa hari aja

2019-01-25
Ferina

Klo kita seminggu di shanghai ada yg limit buat seminggu ga kak??? Pas keluar bandara petunjuknya mudah kah? Aq deg deg an ni ke shanghai april ini secara buta banget bahasa mandarin

2019-01-23
maya

Bisa dibeli di konter tiket subway yang ada. Mudah kok

2018-09-22
Ferina

Beli shanghai public transportation card nya dimana min?

2018-09-11
Ferina

Klo kita seminggu di shanghai ada yg limit buat seminggu ga kak??? Pas keluar bandara petunjuknya mudah kah? Aq deg deg an ni ke shanghai april ini secara buta banget bahasa mandarin

2019-01-23
maya

Bisa dibeli di konter tiket subway yang ada. Mudah kok

2018-09-22