PANDUAN LENGKAP BERKELILING YELLOWSTONE NATIONAL PARK (Bagian 3) 2016-11-16 00:00

Grand Canyon of the Yellowstone

 

Menonton geyser menyembur hingga hampir 100 meter adalah atraksi utama yang diincar wisatawan yang datang ke Yellowstone National Park di wilayah Wyoming, Amerika Serikat. Yellowstone juga bertetangga dengan Grand Teton National Park yang terkenal dengan jajaran pegunungan dan danau indah. Juga ada ngarai, air terjun, kolam hot spring, dan kesempatan bertemu binatang liar. Dengan daya tarik seperti itu, siapa yang tak tergiur ke sana?

 

AKTIVITAS LAIN: MENIKMATI NGARAI DAN DANAU

GRAND CANYON OF THE YELLOWSTONE

Ngarai indah sepanjang 38 km yang lebarnya 450-600 m dengan kedalaman 240-365 m ini adalah atraksi favorit kedua setelah menonton geyser. Keindahan ngarai dengan dinding warna-warni dari putih susu, kuning sampai pink dan merah karena oksidasi batuan rheolite yang membentuk ngarai ini dapat dilihat dari berbagai viewpoints dan trails di sepanjang lereng ngarai.

Ngarai ini juga terkenal dengan dua air terjunnya, Upper Falls (33 m) dan Lower Falls (94 m). Air terjun yang terakhir ini sangat impresif waktu musim panas. Volume airnya bisa 12X Niagara Falls. Kebayang ‘kan betapa dahsyatnya?

Untuk menikmati ngarai ini disarankan menylusuri dua jalur yang ada, North Rim and South Rim. Bisa dengan mobil dan berhenti di setiap lookout, atau menyusuri trail di sekeliling ngarai.  Setiap viewpoint memberikan sudut pandang berbeda.

 

Jangan melewatkan yang ini:

  • North Rim– Lookout Point, sisi terbaik melihat Lower Falls.  Pada hari yang panas Anda bisa melihat pelangi di bawah air terjun.

 

Ada pelangi di Lower Falls

 

  • South Rim– Artist Point, sisi terbaik melihat ngarai dan air terjun. Seperti di lukisan deh!
  • Uncle Tom’s Trail (hanya untuk yang lututnya kuat)– terdiri dari 328 anak tangga turun ke dasar Lower Falls.  Juga merupakan tempat terbaik melihat Upper Falls, dari area dekat parkir.

 

Yang butuh tantangan: Hiking sekitar 1 jam (3,2 km pulang pergi) ke Glacier Boulder Trail untuk melihat Silver Cord Cascade. Konon ini air terjun tertinggi di Yellowstone.  Pasang mata karena nggak ada petunjuk  jalan sampai di tempat. Air terjun ini sangat tipis seperti benang dan berada di seberang ngarai.

 

YELLOWSTONE LAKE

Danau dengan luas 350 km2 dan pantai sepanjang 177 km yang terletak di ketinggian 2.376 mdpl ini merupakan danau alpine terbesar di AS. Danau yang biasanya membeku 6 bulan (Des-Mei) dalam setahun ini mempunyai kedalaman rata-rata 42 m, dengan tempat terdalam 118 m. Beberapa bagian dasar danau mempunyai hot spring bawah tanah. Nggak dianjurkan berenang di danau ini karena suhunya yang dingin, rata-rata 7 derajat C, dan terhangat 18 derajat C.

 

Kayaking di danau

 

Kegiatan air yang umum dilakukan di sini yakni memancing ikan trout dan kayaking.  Aktivitas lain seperti hiking, naik sepeda, mengamati wildlife dan sunset. Bila ada waktu kita bisa menyetir keliling danau.  

 

Jangan melewatkan yang ini:

  • Mary Bay (ke arah East Entrance) –  fenomena thermal di samping danau.
  • Gull Point Drive (ke arah West Thumb Geyser)– scenic drive sejauh 3,2 km ini melewati spot-spot indah seperti Sand Point, Pumice Point dan Gull Point.

 

Gull Point

 

AKTIVITAS SERU LAINNYA: MENGAMATI BINATANG LIAR

WILDLIFE SPOTTING

Jangan melewatkan aktivitas ini bila ke Yellowstone. Wildlife spotting bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja, sewaktu menyetir, melihat geyser, di lookout points atau hiking. Selama Anda berada di udara terbuka, selalu ada kemungkinana melihat binatang liar. Kadang mereka sendirian atau bergerombol. So, kalau melewati padang rumput atau hutan di sisi jalan, pasang mata.

Dikenal sebagai “Serengeti of North America”, Lamar Valley merupakan habitat berbagai binatang besar di Yellowstone.  Ini lokasi favorit untuk menemukan kawanan bison, elk atau pronghorn, predator serigala dan beruang Grizzly.  Tempat favorit lain adalah Hayden Valley.

 

Kawanan bison

 

Do’s and Dont’s:

  • Bila melihat banyak mobil parkir di pinggir jalan, biasanya ada sesuatu yang menarik.  Jangan segan-segan ikut parkir dan bertanya ada apa.
  • Jaga jarak sewaktu melihat binatang liar: paling sedikit 91 m untuk beruang dan serigala, 23 m untuk binatang lain seperti bison, elk, bighorn sheep, rusa, moose dan coyote.

 

(Bersambung)

Teks: Zuriah Saibun Foto: Zuriah Saibun, Shutterstock
Comment