CHECK IN-NYA DI STASIUN KERETA, BAGASI KITA BISA TERBANG LANGSUNG KE JAKARTA 2016-10-27 00:00

 

Swiss itu indah banget! Semua sepakat. Bahkan banyak yang sepakat juga kalau negeri terindah di Eropa adalah Swiss. Tapi keistimewaan Swiss bukan cuma pemandangannya lho! Yang bikin takjub adalah Swiss Travel System-nya. Berkat sistem transportasinya yang canggih, semua tempat di Swiss, seterpencil apa pun bisa dijangkau dengan transportasi publik seperti kereta, bus, funicular, gondola, dan kapal. Tingkat ketepatan waktu transportasi publiknya, keamanannya, kebersihannya juga patut dipujikan. Dan yang paling keren, ada layanan fly rail baggage system. Bayangkan, kita check in di stasiun kereta di salah satu kota di Swiss, tapi bagasi kita bisa langsung diatur sampai Jakarta.

 

TRANSPORTASI DI SEANTERO SWISS DENGAN SWISS TRAVEL SYSTEM

Sistem transportasi di seantero Swiss sangat modern dan tertata baik di bawah Swiss Travel System. Bandara internasionalnya seperti Zurich dan Genewa terintegrasi dengan stasiun kereta yang melayani rute hampir ke semua pelosok Swiss.

Tiket Swiss Travel System (yang paling umum: Swiss Pass) nggak hanya sekadar tiket, tapi semacam “paspor sakti”. Dengan all-in-one tiket ini turis bisa mengeksplor semua obyek wisata di Swiss dengan kereta, bus dan kapal. Jadwalnya sangat tepat, dan diatur sedemikian rapi sehingga koneksi dengan moda lain nggak perlu nunggu lama, hanya hitungan menit! Informasi jadwal juga tertera jelas di setiap stasiun/halte/konter.

 

 

BELI SWISS PASS DI MANA?

Bisa dibeli online lewat beberapa website resminya, juga ada agennya di beberapa kota di dunia. Jadi kalau sudah punya rencana matang bisa beli jauh hari sebelum berangkat (tapi harus hitung waktu pengiriman ya). Tapi kalau mau lebih fleksibel, dianjurkan belinya begitu tiba di bandara Zurich atau Genewa saja; konternya mudah terlihat, SBB Travel Agency. Juga bisa beli di semua stasiun kereta. Nama dan nomor paspor dicantumkan di tiketnya, jadi nggak bisa dipakai bergantian.

 

 

Jenisnya: Swiss Pass, Swiss Flexi Pass, Swiss Saver Pass/Swiss Saver Flexi Pass, Swiss Youth Pass, Swiss Family Card, Swiss Half Fare Card, Swiss Card, Swiss Transfer Ticket.

Swiss Pass dan Swiss Flexi Pass benefitnya sama: bisa dipakai naik kereta, bus, kapal, termasuk beberapa rute kereta panorama dan transportasi umum lokal di 75 kota besar dan kecil. Plus bonus potongan 50% untuk mountain railways dan cable ways, serta gratis masuk 470 museum. Beda antara keduanya hanya di masa berlaku. Swiss Flexi Pass juga ada potongan 50% untuk tiket transportasi di luar masa berlaku.

Swiss Saver Pass/Swiss Saver Flexi Pass sama benefitnya dengan Swiss Pass dan Swiss Flexi Pass. Hanya saja ini berlaku untuk 2 atau lebih penumpang yang ngetrip bareng. Jadi harga tiket per orangnya diskon 10% dari harga normal.

Swiss Youth Pass benefitnya sama, tapi hanya untuk yang umurnya <26 tahun. Harganya diskon 25%.

Swiss Family Card bisa diminta gratis kalau kita sudah membeli Swiss Pass, sehingga anak-anak <16 tahun gratis ke mana-mana asal pergi bersama minimal dengan 1 orang tua.

Selain bonus seperti yang disebut di atas, dengan Swiss Pass kita juga dapat diskon untuk hotel tertentu, city tour dan tiket masuk event. Rajin-rajin cari informasi atau kulik www.swisstravelsystem.com/benefits.

 

Perlu tahu:

- Jangan sampai tiket yang sudah dibeli hilang atau diambil orang, karena nggak bisa diganti.

- EuRail Pass bisa dipakai di Swiss tapi nggak sama benefitnya dengan Swiss Pass. Jadi kalau khusus di Swiss, mending beli Swiss Pass.

 

FLY RAIL BAGGAGE SYSTEM

 

Sistem yang diluncurkan tahun 1988 ini adalah yang pertama di dunia, di mana penumpang yang terbang dari bandara mana pun dan maskapai apa pun (kecuali beberapa budget airlines) di seluruh dunia ke Zurich, Genewa atau Bern dapat mengirim langsung bagasinya ke stasiun kereta di kota tujuan di Swiss (ada 81 stasiun). Jadi begitu mendarat di bandara, kita nggak perlu menunggu bagasi. Langsung naik kereta ke stasiun tujuan dan dapatkan bagasi kita di sana.

Saat pulang kita juga bisa check in dari stasiun kereta di Swiss ke bandara tujuan akhir kita. Dapat dilakukan di hari yang sama atau sehari sebelumnya. Asyik banget ‘kan? Bayangkan Anda check in pagi hari di stasiun kereta Lucerne, dapat boarding pass lengkap dengan nomor kursi dan tanda bagasi langsung ke CGK alias Jakarta. Jadi kita masih bisa jalan-jalan dulu tanpa repot dengan bagasi sambil menunggu jadwal penerbangan ke Jakarta (biasanya malam). Ada 50 stasiun kereta yang bisa melayani check in jika terbang dari bandara Zurich atau Genewa. Kalau dari bandara Bern ada 27 stasiun kereta yang membuka pelayanan ini.

Fly Rail Baggage ini bisa dipesan lewat Swiss Travel System dan SWISS International Air Lines.

 

 

Teks: Mayawati NH Foto: Luzern Tourismus AG, Mayawati NH, Swiss Travel System
Comment