TRIK MURAH DAN EFISIEN EKSPLOR PHUKET (Bagian 1)

TRIK MURAH DAN EFISIEN EKSPLOR PHUKET (Bagian 1)

Friday, 14-10-2016 | 12:31

Maya Bay, Phi Phi Islands

 

Beberapa tahun lalu waktu ada penerbangan langsung Jakarta-Phuket dengan salah satu budget airlines, Phuket sempat menjadi destinasi favorit. Apalagi dari Phuket bisa island hopping ke Phi Phi Islands yang terkenal dengan Maya Beach-nya, yang menjadi lokasi syuting filmnya Leonardo DiCaprio, The Beach. Sekarang udah nggak ada penerbangan langsungnya. Tapi Phuket dan pantai-pantainya tetap menggoda untuk didatangi. Apalagi banyak cara murah untuk mengeksplornya.

 

DATA TENTANG PHUKET

  • Luasnya:  543 km2 (sedikit lebih kecil dari Singapura). Merupakan pulau terbesar di Thailand dan mendapat status sebagai provinsi.
  • Ibu kotanya: Phuket Town, di pesisir timur. Sedangkan bandaranya ada di bagian utara.
  • Letaknya: Di selatan (agak ke barat daya) Thailand. Ke barat dan selatan menghadap Laut Andaman. Ke timur menghadap Phang Nga Bay.
  • Jaraknya dari Bangkok: 867 km.
  • Pantainya yang terkenal: Patong, Karon dan Kata, semua di pesisir barat yang menghadap Laut Andaman.

 

Peta Phuket

 

NAIK APA KE PHUKET?

  • Tigerair via Singapura
  • Jetstar via Singapura
  • Malaysia Airlines via Kuala Lumpur
  • Air Asia, dari Kuala Lumpur

Harga tiket PP mulai Rp 2 jutaan.

 

MATA UANG

Thailand Baht (THB). THB 1=-/+Rp 370.

 

MANA LEBIH MURAH: MENGINAP DI KAWASAN PATONG, KARON, KATA, ATAU PHUKET TOWN?

Salah satu resort mewah di Phuket

 

Guest house murah lebih banyak terdapat di kawasan Patong dan Phuket Town. Saat bukan peak season harga Rp 100.000-an pun ada! Tapi itu pasti letaknya di gang, tanpa AC, kamar mandi di luar. Kalau mau yang murah dengan AC dan kamar mandi di dalam kira-kira sediakan kocek Rp 300.000-an deh. Sedangkan kawasan Karon dan Kata lebih elit. Mau yang mahal, resort atau hotel bintang lima dengan harga jutaan rupiah per malam pun banyak.

Di area Patong penginapan murah paling banyak ditemukan di Nanai Road dan Soi Saen Sabai (“soi” artinya “gang”). Kawasan Patong juga paling ramai dan bising. Kalau lagi nggak high season (Mei-Oktober) bisa go show. Sedangkan saat high season (November-Februari) sebaiknya pesan online dulu supaya dapat harga bagus dan lokasi bagus.

Kalau mau sepi bisa pilih area Pantai Kamala, Surin atau lebih ke utara lagi Pantai Bang Tao, Nai Thon, Nai Yang. Area-area ini lebih dekat ke bandara. Tapi ingat, paket tur biasanya mengenakan biaya tambahan untuk antar jemput jika Anda menginap di kawasan ini (termasuk juga kawasan Rawai, Cape Panwa, dan Nai Ham di ujung selatan). Biaya tambahan sekitar THB 200/orang.

Bagi Anda yang berbujet lebih, chain hotel-hotel bintang lima sebagian besar ada di Phuket, di banyak kawasan. Tinggal pilih aja.

 

(Bersambung)

Teks: Mayawati NH Foto: walkaboutoursphuket.com, whichisthebetter.com

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


141

Back to Top