JANGAN MENGAKU PECINTA ANGGUR KALAU BELUM KE SOUTH MORAVIA

JANGAN MENGAKU PECINTA ANGGUR KALAU BELUM KE SOUTH MORAVIA

Thursday, 28-07-2016 | 10:30

Lednice Castle

 

Kawasan indah ini menawarkan berbagai arsitektur kuno zaman dahulu, seperti kastil-kastil tua dan reruntuhannya yang membuat kita seperti kembali ke masa lampau. Dan buat Anda pecinta anggur, South Moravia di Republik Ceko ini memiliki kebun-kebun anggur dan Anda juga bisa mencicipi berbagai anggur terbaiknya. Bosan dengan aktivitas yang kurang menantang, hiking dan cycling di perbukitan menjadi alternatif di region yang penduduknya sangat ramah ini.

 

MATA UANG

Koruna Ceko (Czech Crown/CZK). CZK 1= +/-Rp 500 dan EUR 1= +/-CZK 26.

Agak susah membelinya di Jakarta, jadi bawa EUR saja, setibanya di Praha langsung ditukar.

 

TEMPAT-TEMPAT YANG MENARIK UNTUK DIEKSPLOR:

LEDNICE

Di sini terdapat sebuah Situs Warisan Dunia UNESCO, Lednice Castle, yang didirikan pada abad ke-17 oleh  Keluarga Kerajaan Liechtenstein. Gaya arsitektur Lednice Castle sempat mengalami beberapa perubahan, awalnya Renaissance, lalu diubah menjadi gaya Barok, dan pada awal abad ke-19 seluruh bangunannya direnovasi dengan gaya Neo-Gotik. Dengan didominasi ukiran kayu mahoni dan ek, kastil ini terlihat cukup modern. Benda-benda bersejarah dapat kita lihat di dalam kastil ini, seperti koleksi hasil buruan Keluarga Liechtenstein yang sebagian besar kepala rusa. Ada juga kloset yang berusia hampir 200 tahun namun masih berfungsi.

 

Sudut cantik di dalam Lednice Castle
 

Yang pernah ke Chateaux Versailles di Prancis pasti akan merasakan kemiripan dengan taman kastil ini yang luas dengan labirin dari semak-semak dan berbagai macam bunga. Selain itu, kastil ini juga punya keistimewaan lain yaitu adanya greenhouse yang mempunyai berbagai macam tanaman tropis yang ditanam berdasarkan suhu yang diperlukan.

 

Greenhouse

 

Masih di dalam kawasan kastil ini juga terdapat Minaret (menara masjid) yang di pintu masuknya terdapat kalimat syahadat. Apabila kita menuju atas Minaret, seluruh penjuru Lednice akan terlihat.

 

Minaret

 

Cara ke sini:

Naik kereta dari Kota Brno (baca tentang Brno di sini) ke Podivin, kemudian jalan kaki menuju Stasiun Podivin sekitar 2 menit, lalu naik bus BORS Breclav a.s.No.257 ke Alun-alun Lednice. Perjalanan total +/-1 jam.
 

Tur di kastil ini memiliki dua rute: Rute 1 (lantai dasar+  prestige hall)  dan Rute 2 (lantai 1 + kediaman raja)

Harga tiket rute I dan rute II:
Dewasa (CZK 400), anak-anak, pelajar, lansia (CZK 300), keluarga (CZK 1.200).

Masuk ke greenhouse dan Minaret bayar lagi.
Jam buka:

  • April dan Oktober: Jumat – Minggu pkl.09.00-17.00 (Senin-Kamis dengan reservasi)
  • September: Selasa – Minggu pkl.09.00-17.00
  • Mei-Agustus: Selasa–Minggu pkl.09.00-18.00

 


VALTICE

Bukan hanya Lednice yang memiliki kastil yang luar biasa indah, di Valtice pun kita dapat menemukannya. Kastil Valtice secara arsitektur mirip Kastil Lednice. Bedanya, kastil ini masih mempertahankan kesan tua yang kotor dan kuno. Buat yang menyukai fotografi bergaya vintage pasti tertarik untuk menjadikan tempat ini background foto. Nggak aneh jika kastil ini sering disewa sebagai tempat pernikahan.

 

Valtice Castle

 

Valtice dianggap sebagi Ibu Kota Minuman Anggur di Republik Ceko. Bagi pecinta anggur, bagian yang satu ini tidak boleh dilewatkan, yakni, wine cellar yang dikenal dengan nama Salon vin Ceske Republiky.

100 anggur terbaik dipilih setiap tahunnya yang berasal dari seluruh penjuru negeri untuk dipamerkan dan dicicipi oleh para pengunjung di sini. 

 

Cara ke sini:

Naik bus BORS Breclav a.s.No.257 atau No.555 dari Alun-alun Ledince ke Terminal Bus Valtice sekitar 12 menit.

 

Jam buka Valtice Castle:
Setiap hari, kecuali Senin
- April dan Oktober: 09.00–12.00 dan 12.30–16.00
- Mei dan September: 09.00–12.00 dan 12.30-17.00
- Juni–Agustus: 09.00–12.00 dan 12.30–18.00

 


Salon vin Ceske Republiky

 

Jam buka Salon vin Ceske Republiky:
Selasa–Kamis: 09.30-17.00
Jumat–Sabtu: 10.30–18.00
Minggu (Juni-September): 10.30–17.00)

(Februari tutup karena persiapan pameran baru)


Harga tiket Salon vin Ceske Republiky serta guided tour di Valtice Castle:
- Program A1 – bisa mencoba 100 aneka wine dalam waktu 90 menit (CZK 355)
- Program A2 – bisa mencicipi 100 aneka wine dalam waktu 90 menit dan mengikuti Imperial Tour di Valtice Castle (CZK 419)
- Program A3 – bisa mencicipi 100 aneka wine bersama seorang sommelier (yang hanya berbicara bahasa Ceko) dalam waktu 150 menit (CZK 499)

 

MIKULOV

Di Mikulov juga terdapat kastil yang dulunya merupakan pemukiman bangsa Slavia di abad ke-13. Saat ini kastil telah menjadi Regional Museum. Di museum ini kita dapat melihat pameran sejarah penduduk setempat pada abad ke-13.

Bagi para pecinta hiking cobalah mendaki Holy Hill di mana terdapat St. Sebastian Chapel yang merupakan gereja tua bersejarah yang menarik. 

 


Suasana alun-alun di MIkulov

 

Di Mikulov terdapat alun-alun yang di sekitarnya terdapat walk of fame dari orang-orang terkenal di Republik Ceko, seperti Karel Krautgartner yang merupakan penyanyi jazz Ceko dan sangat populer di tahun ‘70-an. Tidak jauh dari alun-alun terdapat kafe mungil yang sangat cozy bernama Zdrava Kavarna.  Kafe ini menjual aneka produk lokal untuk oleh-oleh.

 

Kafe Zdrava Kavarna

 

Aneka produk lokal


Cara ke sini:
Naik kereta dari Stasiun Valtice ke Stasiun Mikulov na Morave sekitar 13 menit.

 

Jam Buka Mikulov Castle:

April, Oktober, November: Jumat-Minggu pkl.09.00-16.00

Mei, Juni, September: Selasa-Minggu pkl.09.00-17.00

Juli, Agustus: Selasa-Minggu pkl.09.00-18.00

Harga tiket full tour: CZK 150 (dewasa), 320 (keluarga)

Teks: Agusmia Putri Haerani, Mayawati NH Foto: Mayawati NH, Shutterstock

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


626

Back to Top