LIBURAN DI IBIZA SPANYOL TAK SEMAHAL YANG DIKIRA 2016-03-23 00:00

Playa de Illetas

 

Pulau Ibiza berada di Laut Mediterania, termasuk dalam Kepulauan Balearik bersama Pulau Mallorca (paling besar), Minorca (paling jauh) dan Formentera. Kepulauan ini masuk dalam wilayah Spanyol. Biasanya turis datang ke pulau ini dengan pesawat dari Barcelona maupun Madrid. Naik feri dari Barcelona juga bisa, tapi jatuhnya malah lebih mahal dan buang waktu.

Luas Ibiza hanya 572 km2 (lebih kecil dari Jakarta yang 740 km2). Tapi walaupun kecil, Ibiza punya 56 pantai dengan total garis pantai 210 km. Terbagi menjadi 5 distrik: Ibiza/Eivissa, Sant Antoni, Santa Eularia, Sant Josep, Sant Joan. Wilayah favorit bagi turis mancanegara adalah Eivissa.

Hampir semua tempat  termasuk bandara bisa dijangkau oleh bus umum. Rutenya mudah dilihat di tiap halte.Jam operasional: 06.30-00.00. Di luar jam itu yang beroperasi Disco Bus (pkl.00.00-06.30) yang juga punya banyak rute. Tarif bus sekitar EUR 1,5-4. Makanya, murah kok liburan di Ibiza. Siapa bilang ini pulau mahal? Soal penginapan juga nggak mahal-mahal amat. Kalau nginepnya di Ibiza Town (bukan dekat pantai) cukup siapkan EUR 50 per malam. Tapi kalau mau apartemen luas (termasuk ada dapur dan peralatannya) dekat pantai siapkan EUR 90. Sekitar Rp 1,4 juta per malam Masih OK lah ya!

Untuk makan juga biayanya masih so so. Kalau di kota atau masih di main island, makan berdua antara EUR 15-25. Bahkan makan fast food cukup EUR 10 berdua (beli yang paket). Kalau di pulau wisata memang lebih mahal, berdua minimal EUR 50.

 

Baca juga: "Costa Brava: Eksotisnya Pesisir Timur Laut Barcelona"

 

Tempat-tempat yang bisa dieksplor:

PLAYA DEN BOSSA

Ini salah satu pantai yang paling ramai di Distrik Ibiza. Apartemen maupun bar atau diskotik sama banyaknya di sini. Pantai lainnya yang lebih dekat ke Ibiza Town: Figueretes.

 

IBIZA OLD TOWN (DALT VILA)

Sebaiknya ke sini sore sampai malam. Masuk ke kawasan ini kita harus melalui gerbang benteng. Mendaki ke atas terus sampai ke teras luas terbuka. Dari situ cantik banget pemandangan ke arah dermaga maupun ke arah Katedral St.Mary yang di bawahnya disesaki banyak bangunan serba putih. Sekilas tampak seperti Istana Potala di Tibet.

 

Gerbang menuju Ibiza Old Town

 

Night view di Ibiza Old Town. Sekilas tampak seperti Istana Potala di Tibet

 

PULAU FORMENTERA

Jangan sampai melewatkan pulau yang satu ini kalau sudah ke Ibiza. Posisinya di selatan Ibiza, hanya 1,5 jam naik kapal dari Playa den Bossa di Ibiza. Ada beberapa operator kapal yang melayani penyeberangan ke Formentera di antaranya Aqua Bus dan Ulises Express yang mematok harga sekitar EUR 20 PP. Tiket bisa dibeli di konter travel sehari sebelumnya, bisa juga go show. Kapal berangkat dari Playa den Bossa pkl.09.30.

 

Para wisatawan turun dari kapal yang membawanya dari Ibiza ke Pulau Formentera

 

Begitu kita turun dari kapal, bus sudah berjejer menanti di dermaga Formentera (Puerto de la Savina). Ya, untuk keliling pulau sebaiknya naik sightseeing bus ini. Ada dua rute, hijau yang keliling dan biru yang hanya ke satu tujuan. Bayar tiket bus dengan supirnya langsung. Bus terakhir berangkat pkl.13.20. Ada pilihan lain: sewa sepeda, skuter atau mobil (setir sendiri).

 

Rute pertama bus: Playa de Illetas. Garis pantainya panjang, pasirnya putih bernuansa pink karena pecahan koral (seperti Pink Beach di Pulau Komodo, NTT). Yang berjemur buanyaak banget! Dan mmmm, beberapa topless. Buat kita yang nggak mau berjemur, nikmati aja pemandangan dari bukit kecil di sebelah kiri. Cakeeep! Dari atas, gradasi warna air lautnya jelas, kita pun bisa memandang ke segala arah. Puas mandangin dari atas, turun dan jalanlah menyusuri pantai sampai ketemu pantai lainnya. Ada beberapa fasilitas watersport di sana.

 

Salah satu sisi Playa de Illetas

Rute kedua: Playa de Es Pujols. Karakter pantainya sama, cuma lebih banyak restoran. Kita bisa makan siang di sini. Siapkan dana min. EUR 50 untuk makan berdua.

 

Banyak turis berjemur Playa de Es Pujols

 

Rute ketiga: Faro de la Mola. Beda dengan 2 perhentian sebelumnya di mana bus pergi meninggalkan kita, di sini bus menunggu, 15-20 menit. Di sini kita melihat mercu suar dengan tebing laut di bawahnya. Keren!

 

Tebing bermercu suar di Faro de la Mola

 

Rute keempat: Mirador de la Mola. Di tempat tinggi ini kita bisa melihat garis pantai Formentera dari ketinggian, bagai 2 huruf U berpunggungan. Di sini diberi waktu sekitar 15 menit. Tiba kembali di dermaga sekitar pkl.16.30, langsung naik kapal kembali ke Ibiza.

 

Melihat pemandangan Formentera dari Mirador de la Mola

 

Teks & foto: Mayawati NH (Maya The Dreamer)
Comment
maya

Ibiza itu di negara Spanyol, jadi perlu Visa Schengen

2018-04-11
Gori

Ke Ibiza perlu visa ga ya ?

2018-04-09
maya

Ibiza itu di negara Spanyol, jadi perlu Visa Schengen

2018-04-11