MENCICIPI AUCKLAND DARI MUSEUM SAMPAI MENARA

MENCICIPI AUCKLAND DARI MUSEUM SAMPAI MENARA

Friday, 31-05-2019 | 18:12

Berani coba Sky Walk di Sky Tower?

 

Auckland di North Island New Zealand menawarkan ragam objek dan atraksi bagi turis yang sulit ditampik. Bagi yang ingin mendalami budaya suku Maori bisa mengunjungi galeri seni maupun museum. Yang suka tantangan, bolehlah coba Sky Walk atau Sky Jump dari menara setinggi 328 m.

Cara ke Auckland bisa dibaca di sini.

 

AUCKLAND ART GALLERY TOI O TAMAKI

 

Art Gallery ini memiliki dua bagian gedung dengan gaya artsitektur yang jauh berbeda, yaitu Victorian dan Contemporary. Façade contemporary menggunakan kayu pohon kauri yang banyak digunakan suku Maori, namun sekarang sudah langka dan dilindungi.

 

Di dalam galeri kita bisa melihat berbagai pameran seni kontemporer dan fine arts yang berhubungan dengan Suku Maori dan New Zealand. Selain itu ada tempat bermain khusus anak-anak untuk mengekspresikan bakat seni mereka. Asyiknya lagi, ke sini tidak dipungut biaya, hanya diharapkan memberi “koha” atau donasi.

Jam buka: Setiap hari, pkl.10.00-17.00

 

ALBERT PARK

 

Karena lokasinya bersebelahan, direkomendasi jalan-jalan santai di Albert Park sebelum mengunjungi Art Gallery. Taman publik bergaya Victoria ini dulunya barak angkatan laut, makanya kita masih bisa melihat tiang bendera kapal dan meriam di salah satu sudut taman. Di tengah taman terdapat patung Ratu Victoria, istri Pangeran Albert yang namanya diambil untuk taman ini. Karena lokasinya yang berdekatan dengan Auckland University, kita akan menjumpai para mahasiswa yang bersantai di atas rumput.

 

NATIONAL MARITIME MUSEUM

 

Di museum yang berada di Viaduct ini kita bisa melihat pameran kehidupan laut dan pelabuhan yang berhubungan dengan Suku Maori sampai berbagai jenis kapal yang digunakan para pendatang dari Inggris. Pamerannya atraktif dan banyak mengajak partisipasi pengunjung, terutama anak-anak. Jika membayar lebih, kita juga bisa ikut harbour cruise 1 jam.

 

Jam buka: Setiap hari, pkl.10.00-17.00

Tiket masuk museum: NZD 20 (dewasa), NZD 17 (lansia & pelajar), NZD 10 (anak-anak), NZD 40 (keluarga)

Tiket masuk museum & heritage sailing: NZD 50 (dewasa), NZD 40 (lansia & pelajar), NZD 25 (anak-anak), NZD 95 (keluarga)

 

SKY TOWER

 

Dengan tinggi mencapai 328 m, menara pemancar gelombang radio dan TV ini menjadi salah satu landmark di Auckland. Atraksi utamanya Sky Walk dan Sky Jump dari ketinggian 192 m bagi yang berani. Yang nggak berani? Cukup bayar entrance fee NZD 32 (dewasa), NZD 13 (anak-anak 6-14 tahun; <6 tahun gratis) dan NZD 75 (keluarga) untuk ke Main Observation Level, Sky Deck dan Sky Cafe. Untuk yang merencanakan romantic fine dining sambil memandang Auckland di malam hari, The Sugar Club dan Orbit bisa menjadi pilihan yang tepat.

Jam buka: Setiap hari, pkl.09.00–22.00 (Mei–Oktober), atau Senin-Kamis, pkl.08.30–22.30 dan Jumat & Sabtu, pkl.08.30–23.30 (November–April).

 

Baca juga: "10 Hal yang Harus Dilakukan di Auckland"

 

PENGINAPAN DI AUCKLAND

- Di sekitar Queen Street banyak backpacker hostel mulai NZD 25/malam/orang untuk dormitory room

- Hotel di sekitar Downtown dan The Viaduct bisa menjadi pilihan terbaik karena dekat berbagai aktivitas turistik dan pusat kota. Untuk hotel *3 rate-nya mulai NZD 65.

- Salah satu hotel mewah yang paling tua di Auckland yaitu Heritage Hotel di Hobson Street, menjadi favorit para atlet rugby All Black. Room rate mulai NZD 279. Hingga kini hotel ini menjadi salah satu landmark Auckland karena dulunya merupakan Farmers Department Store.

 

Salah satu kamar di Heritage Hotel

 

FYI:

Di kebanyakan penginapan, breakfast nggak termasuk. Beberapa penginapan ada yang menyediakan dapur jadi kita bisa memasak sendiri. Ada juga yang lengkap dengan coffee dan laundry machine.

 

FOOD, SHOPPING & HANGOUT PLACES

Di Central Auckland banyak area yang menawarkan berbagai macam restoran dan kafe menjadi satu dengan toko baju desainer lokal seperti di Posonby Central dan Britomart Precinct (yang berdekatan dengan Britomart Transport Center). Salah satu resto di Britomart dengan view pelabuhan yang dicoba MyTrip adalah Ostro.

 

Ostro dan view pelabuhan

 

Sedangkan di CBD (Queen St, High St, Fort Lane, Chancery, Elliott Stables), banyak bar, klub dan diskotek, juga toko-toko suvenir. Salah satu toko suvenir berkelas adalah The Vault di 13 High St. Toko ini juga ada di Wellington dan Christchurch.

 

The Vault

 

Untuk yang kangen dengan masakan Asia bisa membelinya di restoran Asia di daerah Downtown dan Queen Street. Kalau kebetulan sedang mengunjungi Takapuna Beach di North Shore Auckland, MyTrip rekomendasikan untuk makan di Madam Woo yang merupakan salah satu restoran Josh Emmett yang menyajikan masakan Melayu, seperti laksa dan rendang dengan rasa yang benar-benar Asia.

 

Laksa di Madam Woo

Teks: Agusmia Putri Haerani, Mayawati NH Foto: Mayawati NH, Shutterstock, Istimewa

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


767

Back to Top