KABUPATEN ALOR GELAR FESTIVAL PANGGIL IKAN DUYUNG 2019-07-26 00:00

 

Kabupaten Alor, telah menjadi destinasi wisata di Nusa Tenggara Timur (NTT) selain Labuan Bajo dan Kelimutu. Tidak hanya wisata baharinya, Alor juga kaya akan seni budaya dan kearifan lokalnya.

Salah satu wisata budaya yang menarik di Kabupaten Alor adalah Festival Panggil Ikan yang dilaksanakan pada 19-25 Juli 2019.

 

 

Festival yang unik ini digelar langsung di perairan Kabupaten Alor, dipandu seorang pawang ikan duyung atau jenis ikan yang juga dikenal dengan nama Dugong.Dugong merupakan salah satu spesies laut yang dilindungi serta belum banyak mendapat perhatian masyarakat.

Untuk menyaksikan ritual dan atraksi wisata alam pemanggilan dugong yang merupakan hewan mamalia ini, pengunjung diantar seorang pawang dengan menumpang perahu menuju tempat memanggil sekawanan ikan dugong untuk mendekat.

 

 

Selama sepekan, festival juga diisi dengan berbagai acara seperti atraksi menenun, seni budaya, kuliner, jelajah alam baik darat maupun laut, gerakan kebersihan, aneka lomba, dan pameran UMKM. Lalu ada juga, gerakan Alor bersih dan bebas sampah, peresmian bank sampah, dan peletakan batu pertama pembangunan wisma wisata di Desa Wolwai, Alor.

Festival memanggil ikan dugong ini baru pertama kali digelar. Selain untuk memperkenalkan kekayaan flora dan fauna di perairan sekitar Pulau Alor, festival ini mengedukasi wisatawan untuk ikut menjaga kelestarian alam di wilayah Kabupaten Alor.

Selain  dapat menikmati wisata alam dan bahari di Kabupaten Alor ini, wisatawan dapat berkunjung ke Kampung Adat Alor Besar, situs Alquran tertua, serta Kampung Adat Lalapang dan Takpala.

Comment