UNIKNYA RUMAH KURCACI DI LERENG GUNUNG MERBABU

UNIKNYA RUMAH KURCACI DI LERENG GUNUNG MERBABU

Tuesday, 27-11-2018 | 17:16

 

Kabupaten Magelang tepatnya kawasan lereng Gunung Merbabu memang masih menyimpan potensi wisata yang besar. Diawali dengan Ketep Pass, destinasi wisata alam ini terbukti menjadi salah satu tempat liburan favorit di Magelang sebab di sana pengunjung bisa menyaksikan pemandangan Gunung Merbabu dan Gunung Merapi secara berdampingan.

 

Namun seiring berjalannya waktu mulai muncul beberapa tempat wisata baru yang mengedepankan konsep wisata keluarga, seperti misalnya Bukit Grenden. Tempat wisata ini resmi dibuka pada bulan Juli 2016 dan letaknya pun tak jauh dari Ketep Pass, atau lebih tepatnya berada di Dusun Grenden, Desa Pogalan, Kecamatan Pakis, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

 

Lereng Merbabu memang banyak ditumbuhi pohon pinus. Jadi melihat hutan pinus di sana sebenarnya bukanlah hal yang istimewa. Begitu pula dengan Bukit Grenden ini, namun yang menjadi daya tarik dari tempat wisata tersebut adalah dibangunnya beberapa rumah mungil yang biasa disebut rumah kurcaci di lereng-lereng perbukitan.

 

 

Dengan tambahan aksesoris rumah kurcaci pemandangan Bukit Grenden semakin menarik, sehingga tempat ini selalu ramai dikunjungi bahkan bisa dibilang hampir seramai pengunjung di Ketep Pass. Meski untuk menuju lokasi perlu trekking ringan sekitar 5 menit tak mengurangi niat banyak orang untuk sekadar menikmati suasana alam yang berhawa sejuk ini.

 

 

Bukit Grenden juga memiliki spot lain berupa tebing yang teksturnya mirip potongan batu yang tersusun secara alami, namanya Tebing Batu Rembesan yang terkadang tampak samar-samar karena tertutup oleh kabut. Lalu ada area camping ground, lokasi foto prewedding, outbond dan juga ada tempat untuk berburu sunrise.

 

Bukit Grenden memang layak dijadikan sebagai destinasi wisata keluarga, sebab selain termasuk wisata santai, di sini para orang tua sekaligus bisa menanamkan sejak dini kepada anak mengenai arti pentingnya peduli terhadap alam, salah satunya lewat keberadaan pohon yang merupakan unsur penyusun terbentuknya hutan sebagai paru-paru dunia.

 

Perlu diketahui juga, Bukit Grenden sebenarnya merupakan salah satu jalur alternatif baru yang bisa digunakan untuk menuju puncak Gunung Merbabu. Memang jalur ini belum begitu familiar, karena kebanyakan orang lebih memilih jalur pendakian Gunung Merbabu melalui Selo atau Swanting. Padahal jalur ini adalah rute tercepat menuju puncak Kenteng Songo atau puncak tertingi Gunung Merbabu yang berada pada ketinggian 3.146 mdpl.

 

Baca juga: "Mungkin Inilah Salah Satu Gereja Terunik di Dunia"

 

Bukit Grenden bisa diakses dengan mudah melalui Bandara Adi Sumarmo Solo di Boyolali dengan jarak sekitar 65 km atau butuh waktu sekitar 2 jam berkendara. Di sana sudah terdapat beberapa fasilitas umum seperti warung makan dan toilet. Sementara untuk mengunjungi tempat ini hanya perlu mengeluarkan biaya Rp5.000 per orang.

Teks: Arief Nurdiyansah Foto: Arief Nurdiyansah, Clara Soca Atisomya

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


452

Back to Top