ITINERARY ISLAND HOPPING 3 GILI & BEACH HOPPING DI LOMBOK 4 HARI

ITINERARY ISLAND HOPPING 3 GILI & BEACH HOPPING DI LOMBOK 4 HARI

Sunday, 03-07-2016 | 16:30

Gili Meno

 

Lombok identik dengan gili-gilinya. Yang paling terkenal tentu 3 gili yang saling berdekatan yaitu Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air. Mana yang lebih menarik? Tergantung apa tujuannya sih. Tapi nggak ada salahnya untuk eksplor ketiganya sekaligus dalam satu trip. Berikut MyTrip berikan rekomendasi itinerary untuk eksplor 3 gili di Lombok plus beach hopping dalam 4 hari.

 

HARI 1

JAKARTA-LOMBOK-GILI TRAWANGAN

- Dengan penerbangan pagi dari Jakarta, dari bandara Lombok Praya langsung naik taksi ke Bangsal, dermaga untuk menyeberang ke Gili Trawangan. Perjalanan bandara-Bangsal 2 jam. Dari Bangsal beli tiket perahu untuk menyeberang ke Gili Trawangan. Nunggu penumpang penuh, baru perahu jalan. Perjalanan laut +/- 40 menit. Tapi makin sore ombak makinn besar, perjalanan bisa lebih lama. Sebaiknya beli makanan yang simple di bandara karena kemungkinan melewati waktu makan siang di perjalanan.

 

Suasana Gili Trawangan yang asyik

 

- Tiba di Gili Trawangan. Pertama check in penginapan dulu. Mau yang mewah seperti Villa Ombak, atau yang medium seharga Rp 350.000/malam, atau yang tipe guest house? Gili Trawangan menyediakan semuanya. Urusan makan juga variatif. Mau yang murah dan enak bisa coba warung lokal yang ada di sekitar dermaga. Jadi kalau masih lapar, makan dulu.

- Jangan buang waktu, langsung keliling Gili Trawangan. Bisa jalan kaki, sewa sepeda atau naik cidomo (dokar yang ditarik kuda). Kalau jalan kaki atau naik sepeda, nggak usah keliling pulau full, cukup menyusuri pesisir timur aja yang rame.

 

Leyeh-leyeh di Gili Trawangan

 

- Makan malam silakan pilih resto atau kafe sesuai selera, banyak banget pilihannya. Usai makan malam mau pintong (pindah tongkrongan) ke kafe atau bar juga silakan. Banyak bar yang bersuasana asyik. Gili Trawangan memang on sampai pagi.

 

HARI 2

EKSPLOR GILI MENO

-“Melompat” ke Gili Meno tanpa harus check out dari Gili Trawangan. Ada kapal umum yang melayani island hopping ke Gili Meno (pulau yang terkecil, letaknya di tengah) dan Gili Air. Hari ini ke Meno aja dulu. Hanya 20 menit menyeberangnya. Tapi berhubung biasanya banyak peminat, sebaiknya stand by di dermaga satu jam sebelum jadwal keberangkatan (sekitar pukul 10.00).

 

Kapal island hopping ke Gili Meno

 

- Tiba di Gili Meno, cek dulu jadwal kembalinya perahu ke Trawangan. Kalau nggak ada perubahan sih pukul 15.00. Setelah tahu jadwal kapal balik, barulah keliling, jalan kaki. Di tengah pulau ada danau kecil. Anda bisa memulai perjalanan ke sana dulu. Mau snorkeling enaknya pilih pesisir barat yang menghadap ke Trawangan. Bilasnya bisa numpang di kamar mandi yang dimiliki warung/resto/kafe. Menu makan siang coba pesan olah-olah, semacam sayur lodeh khas Gili.

 

Olah-olah, sayur lodeh khas Gili

 

-  Menjelang sore, sesuai jadwal perahu, kembali ke Trawangan. Tiket public boat beli di tempat juga, sama dengan perginya.

- Tiba kembali di Trawangan, dengan naik sepeda atau naik cidomo pergilah ke sunset view yang ada di ujung selatan pulau. Puas mandangin matahari balik ke peraduan, langsung aja cari makan malam.

 

Sunset di Gili Trawangan

 

HARI 3

EKSPLOR GILI AIR-BALIK KE BANGSAL-KE KUTA

- Kurang afdol kalau nggak berburu sunrise di Gili Trawangan. Pemandangan matahari menyembul di ufuk timur selalu menarik buat diabadikan.

-  Check out dan naik perahu paling awal ke Gili Air. Lama perjalanan 45 menit. Tapi bisa lebih lama karena menurunkan penumpang dulu di Meno. 

 

Sepi dan tenangnya Gili Air

 

- Sampai di dermaga Gili Air titipkan tas di kantor penjualan tiket dekat dermaga (ada biaya penitipannya ya). Cek dulu jadwal perahu ke Bangsal sebelum keliling. Pulaunya kecil, bisa Anda kelilingin poll dengan jalan kaki. Berhenti di mana Anda suka, untuk berfoto, mampir di kafe melepas dahaga, dan makan siang. Sambil makan siang, Anda bisa leyeh-leyeh di bantal-bantal yang disediakan. Atau rebahkan tubuh di ayunan (ada beberapa resto yang menyediakan ayunan). Aaah... what a life!

 

Rebahkan tubuh di ayunan. What a life!

 

- Menjelang sore, sesuai jadwal perahu, menyeberang balik ke Bangsal. Begitu sampai di dermaga, pasti banyak tukang cidomo menawarkan jasanya. Nggak mau capek, ya naik aja, harga bisa dinego. Mau jalan kaki sampai tempat taksi juga nggak jauh kok.

- Dari Bangsal langsung naik taksi atau mobil sewa ke arah selatan Lombok, tepatnya area Pantai Kuta. Check in hotel. Pilihan beragam, yang mewah maupun yang standar. Langsung istirahat, makan malam di hotel.

 

HARI 4

BEACH HOPPING: TANJUNG AAN, BUKIT MERESE, PANTAI KUTA, PANTAI MAWUN

LOMBOK-JAKARTA

 

Tanjung Aan

 

- Mulailah pagi dengan mengeksplor Tanjung Aan. Tanjung cantik yang airnya gradasi biru hijau ini cuma 15 menit berkendara dari Kuta. Di sebelahnya ada Bukit Merese. Naik dan berfoto-fotolah di situ. Pemandangannya ciamik.  

 

Bukit Merese

 

- Check out, makan siang dulu di Pantai Kuta. Ada banyak pilihan restoran maupun rumah makan sederhana. Menu ayam taliwang dan pelecing kangkung pastilah menggugah selera. Masih ada waku untuk berfoto dan main-main di pantai berpasir merica ini. Anda bisa foto-foto keren di sekitar batu-batu karang di sebelah kanan.

 

Spot keren di Pantai Kuta

 

Spot keren di Pantai Kuta dari arah yang berbeda

 

- Lanjut ke Pantai Mawun. Dari Kuta, sekitar 30-45 menit ke arah barat, ada pantai tersembunyi bernama Mawun. Berbentuk laguna yang cukup luas. Pasirnya putih, ombaknya tenang.

- Hingga tiba waktunya untuk ke bandara (itinerary hari ke-4 ini sesuaikan dengan jadwal pesawat Anda ya –kalau jadwalnya jam 8 malam tentu keburu dengan itinerary ini).

 

Pantai Mawun

Teks & Foto: Mayawati NH

1 COMMENTS


Wilson Jul 03, 2016 Reply

Wah lengkap infonya. Kereeen... Kereeen...


101

Back to Top