KE PANTAI NGOBARAN, SERASA LIBURAN DI BALI 2019-09-04 00:00

Spot fotogenik yang disukai milenials

 

Kesan pertama saat berada di Pantai Ngobaran pasti seperti tengah berada di pantai-pantai yang ada di Pulau Dewata. Pantai Ngobaran memang satu-satunya pantai di Gunungkidul, DIY, yang mempercantik dirinya dengan bangunan-bangunan bertema sejarah. Beberapa bangunan tersebut berupa candi, patung dan arca yang dibangun tepat di atas tebing dengan menghadap langsung ke arah lautan lepas.

 

Patung menghadap laut lepas

 

Berdasarkan informasi, ternyata Pantai Ngobaran menyimpan nilai sejarah yang mungkin belum banyak diketahui orang. Di mana pantai ini masih memiliki keterkaitan dengan Kerajaan Majapahit. Jadi Pantai Ngobaran ini merupakan puncak perjalanan panjang Kerajaan Majapahit sebelum akhirnya kerajaan terbesar di Nusantara yang berpusat di Trowulan Jawa Timur tersebut tak bisa lagi dipertahankan.

 

Baca juga: "Di Gunungkidul Ada 'Miniatur' Machu Picchu Nih"

 

Di Pantai Ngobaran juga dibangun sebuah tempat ibadah berupa Pura Kejawen yang dikelilingi dinding. Pintunya selalu terkunci dan hanya dibuka saat hari besar. Di luar bangunan ikonik, Pantai Ngobaran juga tetap menyuguhkan spot fotogenik untuk menggaet kalangan muda milenial. Spot tersebut berupa kapal kayu yang dibangun dengan posisi menghadap lautan, sedangkan di sisi kanan dan kiri berlatar belakang tebing curam. Keren buat jadi latar foto.

 

Satu hal lagi, saat sedang surut kalian bisa dengan mudah menuruni tebing untuk merasakan sentuhan langsung air di tepian pantai. Batuan di pantai ini tampak terbungkus lumut hijau dengan sedikit tergenang air. Ini juga cakep buat difoto. Belum lagi para nelayan yang terkadang terlihat tengah sibuk memanen rumput laut ataupun mencari landak laut yang nantinya diolah menjadi camilan khas Pantai Ngobaran.

 

Bagian bawah Pantai Ngobaran

 

Bagi Trippers yang merencanakan berlibur di Yogyakarta, teramat sayang kalau melewatkan Pantai Ngobaran. Kalian perlu membuktikan dan merasakan sendiri bagaimana sensasi liburan di pantai tersebut. Apalagi Pantai Ngobaran terletak berdekatan dengan 2 pantai lain yang tak kalah cantiknya, yakni Pantai Ngrenehan dan Pantai Nguyahan. Tentu kalian jadi bisa menambah tujuan wisata tanpa membutuhkan waktu yang lama.

 

Meski nama Pantai Ngobaran kurang familiar, namun pantai ini nyatanya selalu ramai pengunjung terutama saat hari libur. Jadi waktu yang tepat untuk pergi ke pantai ini adalah di pagi hari sekitar pukul 09.00, pantai masih cukup sepi dan yang pasti bikin nyaman untuk berfoto di berbagai spot.

 

 

Pantai Ngobaran terletak di Desa Kanigoro Kecamatan Saptosari Kabupaten Gunungkidul, DIY. Kalian bisa menuju pantai ini melalui Bandara Adisucipto Yogyakarta. Lalu dari bandara berkendara dengan jarak 55 km selama sekitar 90 menit. Tiket masuknya hanya Rp5.000 per orang, sementara fasilitas umum ada warung makan dan kamar mandi.

Teks: Arief Nurdiyansah Foto: Arief Nurdiyansah, Clara Soca Atisomya
Comment