LIHAT SERSAN MAYOR DI AKUARIUM RAKSASA PANTAI NGLAMBOR YUK! 2019-08-23 09:00

Kawanan ikan sergeant major

 

Kalau mau snorkeling bebas dan aman di pantai selatan Pulau Jawa ya di Pantai Nglambor jawabnya. Ya, Pantai Nglambor merupakan pilihan wisata bahari yang sekaligus menyediakan fasilitas snorkeling satu-satunya di Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Saat kebanyakan orang ekstra hati-hati saat bermain di pantai selatan, kalian bisa bermain air dengan tenang di pantai ini.

Pantai Nglambor sebenarnya sama seperti deretan pantai lain di Gunungkidul, sama-sama berombak besar. Namun pantai ini dikaruniai dua buah karang besar bernama Batu Kalong dan Batu Kuntul yang mampu menghalau terjangan ombak. Alhasil, mendekati bibir pantai air selalu tampak tenang tanpa gelombang besar.

Baca juga: Air Terjun Unik Ini Mungkin Hanya Ada di Gunungkidul

Kawasan berarus tenang inilah yang sering disebut-sebut sebagai akuarium raksasa Pantai Nglambor. Di tempat ini Trippers bisa melakukan aktivitas snorkeling layaknya di Kepulauan Karimunjawa Jawa Tengah atau Pulau Menjangan Bali. Satu hal yang membedakan Pantai Nglambor dari tempat snorkeling lainnya adalah adanya ratusan ikan sergeant major. Sementara ikan nemo yang umum terlihat justru jarang muncul di tempat ini. Para pemandu akan mengajak Trippers berenang menuju ke tengah sambil menaburkan makanan. Kawanan ikan pun lantas akan bergerak mendekat saat kalian menyelam ke kedalaman air.

 

Akuarium raksasa Pantai Nglambor

 

Istimewanya lagi, Trippers tak perlu repot-repot membawa peralatan snorkeling. Pasalnya, tak jauh dari akuarium raksasa terdapat kantor Bintang Nglambor Snorkeling (BNS) yang sudah menyediakan peralatan lengkap. Pengunjung hanya perlu membayar Rp50.000 per orang untuk bisa menyewa peralatan plus bonus dokumentasi underwater. Untuk pemesanan kalian bisa menghubungi Pak Nur staf BNS di nomor Hp 082226650536. Oh ya, harus diingat pesanlah jauh-jauh hari karena peminatnya banyak terutama pada hari Minggu atau libur.

 

Kondisi airnya nyaman buat snorkeling

Kondisi airnya nyaman buat snorkeling

 

Pantai Nglambor berada di Desa Purwodadi Kecamatan Tepus Kabupaten Gunungkidul, DIY. Tiket masuk pantai hanya Rp5.000 per orang. Sementara fasilitas umum ada kamar mandi, warung makan dan kamar ganti.

Pantai Nglambor bisa ditempuh dari Bandara Adisucipto Yogyakarta dengan jarak sekitar 70 km atau butuh waktu 2 jam berkendara. Buat Trippers yang mengendarai mobil, dari lokasi parkir kalian harus berjalan sekitar 300 m menuju kantor BNS. Lain halnya bagi pengendara sepeda motor, bisa langsung menuju kantor BNS.

Teks: Arief Nurdiyansah Foto: Arief Nurdiyansah, Clara Soca Atismonya
Comment