TEBING AIR TERJUN COBAN CANGGU MEMANG KEREN

TEBING AIR TERJUN COBAN CANGGU MEMANG KEREN

Friday, 15-02-2019 | 23:08

 

Satu lagi air terjun di kawasan Wana Wisata Padusan Pacet di Mojokerto, namanya Air Terjun Coban Canggu. Bila dibanding dengan tetangganya Air Terjun Grenjengan, air terjun ini lebih banyak diminati pengunjung. Bisa dibilang air Terjun Coban Canggu memiliki panorama lebih indah, belum lagi ditambah kesegaran dan kejernihan airnya serta tekstur tebing dengan kekokohan batu cadas yang dialiri guyuran air yang membuatnya terlihat lebih gagah.

 

Baca juga: "Menyambangi Air Terjun Terindah di Mojokerto"

 

Tepat di bawah guyuran air terjun terdapat sebuah kolam alami, namun bagi siapa pun diimbau untuk tidak berenang di dalam kolam tersebut. Hal ini berkaitan dengan faktor keselamatan pengunjung. Oleh sebab itu telah diberikan pula sebuah pagar besi yang mengelilingi kolam sebagai pertanda kolam tidak diperbolehkan untuk dimasuki.

 

 

Air Terjun Coban Canggu juga berbeda dengan Air Terjun Grenjengan. Jika Air Terjun Grenjengan berasal dari sumber mata air, lain halnya dengan Air Terjun Coban Canggu di mana airnya berasal dari aliran sungai. Sehingga jika hujan deras datang, air akan berubah warna menjadi keruh dan kemungkinan besar akan terjadi banjir.

 

Air terjun yang mempunyai tinggi sekitar 70 m ini berada di lereng sebelah utara Gunung Welirang pada ketinggian 800 mdpl. Posisi air terjun diapit oleh pepohonan besar sehingga menghasilkan suasana yang begitu sejuk, dihiasi pula dengan deretan tebing yang mayoritas rata dengan tanaman hijau yang menempel pada tebing tersebut.

 

Letaknya berada di bawah perbukitan, sehingga untuk menuju ke sana dibutuhkan tenaga ekstra dengan menuruni kurang lebih 200 anak tangga permanen disambung dengan jalan datar. Total jarak mulai dari tempat parkir kendaraan menuju air terjun sekitar 300 m. Jangan khawatir kelelahan, sebab tepat di air terjun nanti terdapat warung makanan dan juga gazebo sederhana sebagai tempat istirahat, serta kamar mandi umum.

 

 

Air Terjun Coban Canggu berada di Desa Padusan Kecamatan Pacet Kabupaten Mojokerto Provinsi Jawa Timur. Lokasinya hanya sekitar 700 m dari Air Terjun Grenjengan. Tempat ini bisa dijangkau dari Bandara Juanda Surabaya atau Bandara Abdul Rachman Saleh Malang dengan jarak masing-masing sekitar 60 km atau butuh waktu kurang lebih 2 jam berkendara.

 

Tiket masuk per orang nya meliputi tiket retribusi Wana Wisata Padusan Rp15.000, tiket masuk Air Terjun Coban Canggu Rp7.500. Sementara biaya parkir kendaraan roda dua Rp5.000 dan kendaraan roda empat Rp10.000.

Teks: Arief Nurdiyansah Foto: Clara Soca Atisomya

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


711

Back to Top